Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Bagi Anak Tuli (Studi Kasus Pada Homeschooling The Little Hijabi For Deaf Children Di Kota Bekasi )

Fahima, DinaAmalia (2016) Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Bagi Anak Tuli (Studi Kasus Pada Homeschooling The Little Hijabi For Deaf Children Di Kota Bekasi ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (difabel) memiliki keterbatasan dalam memperoleh pendidikan. Anak difabel seperti Tuli sulit untuk menyesuaikan kemampuan belajar yang setara dengan anak normal. Kemampuan anak Tuli harus dikembangkan dengan cara khusus, salah satunya dengan pendidikan khusus Homeschooling. Penelitian ini menjelaskan tentang kemampuan literasi dasar bagi anak Tuli. Literasi dasar berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis. Cara penguasaan literasi dasar anak-anak Tuli masih perlu dikembangkan. Sehingga tujuan dari penelitian adalah (1) mengetahui apa hambatan bagi anak Tuli dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar, (2) bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar bagi anak Tuli dengan baik, (3) bagaimana upaya guru serta orang tua untuk mendidik anak Tuli dalam membantu memahami konsep arti pada kata dan dapat menjadikan anak Tuli bisa menguasai literasi dasar dengan baik dan lancar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan pendekatan ini, terlihat adanya dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat anak Tuli dalam meningkatkan kemampuan literasinya. Dengan ditemukannya faktor pemhambat, hal ini mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan literasi dasar bagi anak Tuli melalui pendidikan sekolah khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan literasi dasar bagi anak Tuli perlu dilakukan. Kemampuan anak-anak Tuli untuk memahami kata-kata, jika ada dukungan bahasa isyarat, akan lebih mudah mengenal kata-kata verbal daripada terpaksa harus mendengar, hal ini dikarenakan kemampuan anak-anak Tuli berbeda dengan anak-anak non Tuli. Kemudian, bilingual isyarat adalah menggunakan isyarat jenis BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) dan komunikasi verbal menggunakan bahasa Indonesia. Untuk Berkomunikasi, anak-anak Tuli sudah terlebih dahulu menguasai bilingual isyarat yang dapat dikatakan masih dasar dan cara itu yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan anak-anak Tuli. Faktor pendukung dalam peningkatan kemampuan literasi dasar bagi anak tuli terdiri dari akses bahasa isyarat, materi dibantu dengan bilingual (Isyarat BISINDO dan bahasa Indonesia), dan story telling. Terdapat temuan baru dalam penelitian ini yaitu adanya faktor pendukung pendamping edukator, dan peran IT dalam akses bahasa isyarat. Sedangkan faktor penghambat dalam peningkatan kemampuan literasi dasar bagi anak tuli terdiri dari kurangnya motivasi orang tua, SDM guru sedikit dan keterbatasan jumlah koleksi buku. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan kualitas khususnya pada penguasaan literasi. Tutor perlu diberikan pelatihan tentang literasi dasar terhadap siswa dan perlu bekerja sama dengan pustakawan sekolah atas ix ketersediaan koleksi buku-buku agar tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan belajar dan dalam menemukan konsep materi baru untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

English Abstract

Children with special needs (disabilities) have limitations in education. Children with disabilities, such as deaf, are difficult to adjust the learning ability to their normal peer. Deaf childs ability need to be developed in a special way, one of them with special education Homeschooling. This study describes the basic literacy skills to deaf children. Basic literacy relates to the ability to read and write. The basic literacy of Deaf children still need to be developed. So, the purpose of the study was (1) to know what obstacles to children Deaf in improving the literacy skills base, (2) how to improve basic literacy for deaf children well, (3) how is the efforts of teachers and parents to educate children Deaf in help understand the concept of the meaning of the word and can make Deaf children can master basic literacy smoothly. This research method used qualitative approach. With this approach, it appears that there are two factors, namely supporting and inhibiting factors of Deaf children in improving literacy skills. With the discovery of inhibiting factor, it encourages researchers to find out how to improve basic literacy skills to children through education Deaf special schools. The results showed that basic literacy for Deaf children need to be increased. Deaf childrens ability to understand words, if there is support sign language, it will be easier to know the words of verbal rather than forced to hear, this is because the ability of Deaf children differ from non Deaf children. Then, bilingual signaling is to use gestures types BISINDO (Indonesia Sign Language) and verbal communication using Indonesian. To Communicate, Deaf children have first mastered the bilingual cues that can be said is the basis and how it related to the upgrading of Deaf children. Factors supporting the improvement of basic literacy skills for deaf children sign language consisting of access, assisted by bilingual material (Cue BISINDO and Indonesian), and story telling. There are new findings in this study are the factors supporting companion educator, and the role of IT in sign language access. While inhibiting factor in improving basic literacy skills for deaf children consists of the lack of motivation of parents, teachers SDM bit and the limited number of book collections. Therefore, the need for support motivation to students to improve the quality, especially on the mastery of literacy. Tutors need to be given training in basic literacy to students and to work with the school librarian on the availability of a collection of books to be no trouble in conducting study and in finding new material concepts to solve the problem at hand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1117/051613026
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:34
Last Modified: 30 Dec 2016 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118239
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item