Abadi, BayuCatur (2016) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Kampung Kopi Luwakmas Sebagai Destinasi Wisata Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kampung Kopi Luwakmas merupakan salah usaha yang memproduksi kopi luwak asli Kabupaten Kediri. UKM Kampung Kopi Luwakmas memiliki potensi bisnis sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dua rumusan masalah, yaitu (1) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana penerapan strategi pengembangan yang dilakukan oleh UKM Kampung Kopi Luwakmas sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri. Sumber data diperoleh dari informan, observasi, dokumen dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Faktor penghambat internal dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas yaitu sumber daya manusia, harga dan pemasaran sedangkan faktor penghambat eksternalnya yaitu sumber daya manusia, lokasi dan transportasi. Faktor pendukung internal dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas yaitu potensi dan pemasaran sedangkan faktor pendukung eskternalnya yaitu sosial budaya, pelatihan, visi misi dan branding. Strategi pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri dengan melakukan kegiatan seperti pelatihan, pameran, perijinan, sertifikasi, pemasaran, kualitas produk, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan uraian, peneliti memberi rekomendasi yaitu pengelola UKM Kampung Kopi Luwakmas melakukan suatu promosi melalui media sosial ataupun dengan mengadakan suatu event yang diselenggarakan setiap tahun yang nantinya menjadi agenda bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri.
English Abstract
Small and medium enterprises ( smes ) Kampung Kopi luwakmas is producing coffee business district mongoose original kediri. SMES Kampung Kopi luwakmas have the potential to business as a tourist destination district kediri This study used descriptive qualitative method with two formulations of the problem, specifically (1) are there any obstacle and supporting factors in the development of SME Kampung Kopi Luwakmas as a tourism destination Kediri District? (2) how is the application of development strategy done by SME Kampung Kopi Luwakmas as a tourism destination Kediri District?. Sources of data are obtained from informants, observation, documents and documentation. Analysis of data are using four stages: data collection, data reduction, data display and conclusion drawing. Internal resistance factors in the development of SME Kampung Kopi Luwakmas are human resources, price and marketing while the external resistance factors are human resources, location and transportation. Internal supporting factors in the development of SME Kampung Kopi Luwakmas are the potential and marketing while the external supporting factors are social and cultural, training, vision mission and branding. Development strategy of SME Kampung Kopi Luwakmas as a tourism destination Kediri District by doing activities such as training, exhibition, licensing, certification, marketing, quality products, planning, implementation and evaluation. Based on the description above, researcher give recommendations that is management of SME Kampung Kopi Luwakmas perform a promotion by social media or by set up a events held every year which will be on the agenda for tourists who visit to Kediri District.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1085/051613015 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 08:46 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 08:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118203 |
Actions (login required)
View Item |