Analisis Implementasi Gaya Kepemimpinan Lintas Budaya Ekspatriat Korea Selatan (Studi Pada Pt. Krakatau Daedong Machinery, Cilegon-Banten)

Ananda, DinarRizki (2016) Analisis Implementasi Gaya Kepemimpinan Lintas Budaya Ekspatriat Korea Selatan (Studi Pada Pt. Krakatau Daedong Machinery, Cilegon-Banten). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gaya kepemimpinan lintas budaya ekspatriat yaitu budaya ekspatriat, gaya kepemimpinan yang diterapkan ekspatriat dan masalah yang dihadapi ekspatriat dalam memimpin karyawan lokal di PT. Krakatau Daedong Machinery. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT. Krakatau Daedong Machinery, PT. Krakatau Daedong Machinery adalah anak cabang perusahaan dari PT. Krakatau Posco yang berasal dari Korea Selatan yang bergerak di bidang industri baja. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, triangulasi dan wawancara yang dilakukan pada tiga orang ekspatriat Korea Selatan dan empat orang karyawan lokal. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan lintas budaya yang diterapkan oleh ketiga ekspatriat Korea Selatan di PT. Krakatau Daedong Machinery adalah gaya kepemimpinan yang berpusat pada bawahan (demokratis). Budaya Korea Selatan memiliki karakter yang memiliki kolektivitas tinggi dan menekankan pada hubungan, sehingga gaya kepemimpinan lintas budaya yang diterapkan gaya demokratis. Gaya demokratis terlihat pada pengambilan keputusan perusahaan yang dilakukan secara konsultasi dengan karyawan lokal, peran ekspatriat terhadap karyawan, dan pendelegasian wewenang kepada karyawan. Masalah yang dihadapi ekspatriat terletak pada hambatan budaya yaitu terdiri dari perbedaan bahasa, kesalahpahaman nonverbal, prasangka/stereotip terhadap karyawan lokal.

English Abstract

The purpose of this study to explain expatriate cross cultural leadership style, expatriate culture, leadership style applied expats and problems facing expatriates in leading local employees at PT. Krakatau Daedong Machinery. The research type was descriptive research with a qualitative approach. The location of this research was conducted at PT. Krakatau Daedong Machinery, PT. Krakatau Daedong Machinery is a subsidiary company of PT. Krakatau Posco from South Korea engaged in the steel industry. Methods of data collection used were used that documentation, triangulation and interviews were conducted in three South Korean expatriates and four local employees. The results showed cross-cultural leadership style adopted by the third South Korean expatriates in PT. Krakatau Daedong Machinery is centered leadership style subordinate (democratic). South Korean culture has a character that has a high collectivity and emphasis on relationships, so that cross-cultural leadership style applied democratic style. Democratic style seen in corporate decision-making is done in consultation with local employees, expatriates role for employees, and the delegation of authority to employees. Problems faced by expats lies in the cultural barrier which consists of differences in language, nonverbal misunderstandings, prejudices / stereotypes of the local employees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1069/051612863
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Dec 2016 14:04
Last Modified: 27 Dec 2016 14:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118190
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item