Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian ( Survei pada Konsumen Produk Fashion Followers Akun Instagram ERIGOSTORE)

ErlandyHaekal, Muhammad (2016) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian ( Survei pada Konsumen Produk Fashion Followers Akun Instagram ERIGOSTORE). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh electronic word of mouth terhadap kepercayaan, (2) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu electronic word of mouth, kepercayaan, dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah Konsumen produk fashion followers akun Instagram Erigostore yang membeli, memakai produk Erigostore dan mengetahui produk Erigostore melalui rekomendasi dari konsumen lain. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa electronic word of mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan (Y1) dan keputusan pembelian (Y2), kepercayaan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2). Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya Erigostore dapat memberikan informasi yang lebih detail mengenai produk yang ditawarkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk sehingga memunculkan electronic word of mouth antar konsumen.

English Abstract

This research aims to describe (1) the effect of electronic word of mouth to trust, (2) the effect of trust to the purchase decision (3) the effect of electronic word of mouth to the purchase decision. This type of research is explanatory with quantitative approach. Variables in this research areelectronic word of mouth, trust, and purchase decision. Population in this research are the consuments fashion products of followers Instagram account Erigostore, who buy,were and know Eriostore products. Throught recommendations from other consumers.This research use 116 people as samples which are chosen by purposive sampling, and use questionnaire as data collection methods. This research also use descriptive analysis and path analysis methods to analyze the data. The result of path analysis shows that electronic word of mouth (X) has the significant influence to the trust (Y1) and purchase decision (Y2), Trust (Y1)has the significant purchase decision (Y2). Based on the results of this study, Erigostore should provide more detail information about the products offered, so it will increase the consumer trust, therefore bring electronic word of mouth among consumer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1024/051612483
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:52
Last Modified: 06 Dec 2016 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118148
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item