Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang),

Putra, FebriArin (2016) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja” yang dilakukan pada karyawan PDAM Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 60 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji simultan dan uji parsial yang dibantu dengan menggunakan program komputer SPSS for Windows ver 23. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja yang signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan dengan nilai F hitung sebesar 64,434 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai F tabel 2,386. Hal tersebut mengindikasikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan Direktif (X1), Gaya Kepemimpinan Suportif (X2), Gaya Kepemimpinan Partisipatif (X3), Gaya Kepemimpinan Berorientasi Prestasi (X4), dan Lingkungan Kerja Fisik (X5) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Sedangkan untuk uji parsial, Gaya Kepemimpinan Partisipatif (X3) memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) dibandingkan Gaya Kepemimpinan Direktif (X1), Gaya Kepemimpinan Suportif (X2), Gaya Kepemimpinan Berorientasi Prestasi (X4), dan Lingkungan Kerja Fisik (X5). Hasil uji parsial Gaya Kepemimpinan Partisipatif (X3) mempunyai nilai Sig. 0,000 lebih kecil dari alpha 0,050 dan mempunyai nilai koefisien beta tertinggi dengan nilai sebesar 1,448. Hendaknya perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan lebih menitikberatkan pada gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi kematangan bawahan. Selain itu, hendaknya perusahaan juga meninjau kembali serta memperbaiki kondisi lingkungan kerja fisik saat ini agar karyawan merasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1011/051612349
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2016 08:40
Last Modified: 30 Nov 2016 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118134
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item