Upaya Peningkatan Pelayanan Publik Dalam Penyelenggaraan Air Bersih (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Di Kota Malang)

Ardhika, HanifGinayuh (2016) Upaya Peningkatan Pelayanan Publik Dalam Penyelenggaraan Air Bersih (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Malang memiliki beberapa strategi dalam rangka meningkatkan pelayanan penyelenggaraan air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, mendeskripsikan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam peningkatan pelayanan air bersih di Kota Malang dan mengetahui, menganalisis, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam meningkatkan pelayanan penyelenggaraan air bersih di Kota Malang. Fokus penelitian ini menggunakan standart pelayanan publik dan azas-azas pelayanan pubik dengan memakai indikator berdasarkan MENPAN Nomor 63 tahun 2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan publik. Dan fokus yang terakhir menggunakan faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan publik Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana (2014). Narasumber dari penelitian ini adalah Kepala Bidang Produksi,Kabid Litbang,staff pelayanan dan pihak-pihak lain yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang secara garis besar dapat disimpulkan sudah cukup sesuai dengan standar pelayanan dan azas pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Kota Malang. Bentuk pelayanan itu akan semakin baik apabila instansi yang bersangkutan membuat sebuah strategi atau inovasi dikarenakan untuk perkembangan organisasi. PDAM Kota Malang sudah cukup sesuai dalam menerapkan standar pelayanan publik, dari segi faktor Pendukung, faktor pendukung dalam pelayanan ini adalah tersedianya aplikasi Android untuk pegawai internal, applikasi keseluruhan data pelanggan. Media sosial untuk menghibingkan PDAM dan masyarakat. Program untuk membunuh bakteri dan kualitas air. Faktor penghambatnya berasal dari SDM anggaran yang terbatas dan masalah jaringan internet yang lamban. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran agar PDAM Kota Malang menyelenggarakan pelatihan berbasis IT agar pegawai mahir dalam mengoperasikan layanan berbasis komputer,meningkatkan sosialisasi lewat penyelenggaraan bannder/brosur, media sossial, web dll

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1004/051612345
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2016 08:08
Last Modified: 30 Nov 2016 08:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118126
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item