Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam mendukung Perencanaan Tata Ruang Berkelanjutan di Kabupaten Jombang (Studi di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Jombang).

Wibowo, Hari (2015) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam mendukung Perencanaan Tata Ruang Berkelanjutan di Kabupaten Jombang (Studi di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan adanya penelitian penelitian terdahulu yang telah membahas permasalahan lingkungan di Kabupaten Jombang, masih ada permasalahan alih fungsi lahan produktif, pencemaran lingkungan limbah Pabrik Gula Tjoekir, dan perubahan fungsi hutan lindung yang menjadi hutan produksi. Berkembangnya sektor industri tentu juga membawa pengaruh dan dampak pada kualitas lingkungan sebagai akibat bergesernya pola pemanfaatan ruang di Kabupaten Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran KLHS dalam mendukung perencanaan tata ruang berkelanjutan di Kabupaten Jombang serta untuk mendiskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mejadi pendorong dan penghambat KLHS dalam mendukung perencanaan tata ruang berkelanjutan di Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan, analisis data Miles, Humberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KLHS merupakan sarana atau alat yang digunakan untuk mencapai sasaran dari pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Jombang. Dalam penyusunan KLHS Kabupaten Jombang juga memperhatikan konsep, prinsip, dan aspek dari pembangunan berkelanjutan yaitu prinsip keterkaitan, keberlanjutan, dan keadilan. Adapun faktor pendukung yang akan mempengaruhi, yaitu regulasi yang mengatur tentang kewajiban setiap daerah untuk menyusun KLHS dan kesadaran, kepedulian, dan komitmen dari pemerintah Kabupaten Jombang. Sedangkan faktor penghambat, yaitu belum ada perda yang mengatur tentang petunjuk dan pelaksanaan KLHS dalam mendukung perencanaan tata ruang berkelanjutan di Kabupaten Jombang, Kurangnya kapasitas sumberdaya yang dimiliki pemerintah Kabupaten Jombang. Dari hasil penelitian diatas maka masih perlu dibuat Peraturan Daerah terkait teknis pelaksanaan KLHS di Kabupaten Jombang, dan hasil studi dari KLHS dijadikan acuan dalam perumusan Rancangan Peraturan Daerah RTRW Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/995/051603809
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jun 2016 09:05
Last Modified: 15 Aug 2022 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118114
[thumbnail of HARI WIBOWO.pdf] Text
HARI WIBOWO.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item