Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-201

Adhitya, Rizky (2015) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-201. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia usaha dewasa ini tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan eksternalnya. Keberadaan perusahaan di lingkungan masyarakat dapat menimbulkan dampak negatif seperti kerusakan lingkungan. Fenomena CSR muncul untuk menyikapi kondisi tersebut. Perusahaan perlu memperhatikan kondisi lingkungan dan sosial untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh variabel pengungkapan CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 20 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2013. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel pengungkapan CSR dan profitabilitas merupakan variabel yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil ini sesuai dengan pengujian secara simultan dengan melakukan pengujian uji F yang memiliki hasil nilai F hitung sebesar 6.286 dan nilai signifikansi sebesar 0,003. Nilai koefisien determinasi pada penelitian sebesar 18,1%. Variabel pengungkapan CSR (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini diketahui melalui pengujian uji t yang mana nilai t hitung variabel pengungkapan CSR sebesar 2,409 dan nilai signifikansi sebesar 0,045. Variabel profitabilitas (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini diketahui melalui pengujian uji t yang menunjukkan nilai t hitung variabel profitabilitas sebesar 2,608 dan nilai signifikansi sebesar 0,012.

English Abstract

Development of todays business world can not be separated from the external environment. The companys presence in the community can have negative impacts such as damage to the environment. CSR phenomenon appears to address these conditions. Companies need to pay attention to environmental and social conditions to sustain its life. The type of research that used in this research is explanatory research using quantitative approach. This study aims to analyze the influence of variables CSR Disclosure and profitability towards firm value. The sample in this study consists of 20 mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2011-2013. This study used multiple linear regression analysis as data analysis techniques. The results of this study explained that CSR disclosure and profitability variables have significant effect towards firm value. These results are consistent with simultaneous testing by testing the F-test which has the result calculated F value of 6,286 and significance value of 0,003. The coefficient of determination on this study amounted of 18.1%. CSR disclosure variable (X1) has significant effect on firm value, it is known through t test which has the result calculated t value of 2,409 and significance value of 0,045. Profitability variable (X2) has a significant effect on the value of the company, it is known through t-test which has the result t value of 2,608 and significance value of 0,012.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/987/ 051602261
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Apr 2016 10:52
Last Modified: 08 Apr 2016 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118105
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item