Pengaruh Self Assessment System dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang Periode 2012-2014),

Harris (2015) Pengaruh Self Assessment System dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang Periode 2012-2014),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak tahun 1983 sistem pemungutan pajak di Indonesia mengalami perubahan dari official assessment system menjadi self assessment system. Jika dibandingkan sebelum dan sesudah perubahan sistem pemungutan pajak maka terdapat peningkatan kontribusi penerimaan pajak terhadap penerimaan negara yang cukup besar. Self assessment system yang memberikan kewenangan penuh kepada wajib pajak juga mempunyai risiko disalahgunakan. Oleh karena itu terdapat pemeriksaan pajak yang merupakan bagian dari self assessment system. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Assessment System yang diwujudkan dalam jumlah SSP dan jumlah SPT dan Pemeriksaan Pajak yang diwujudkan dalam jumlah SKPKB dan SKPKBT terhadap Penerimaan PPh baik secara simultan maupun parsial.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu explanatory research. Jenis data yang dipakai adalah data sekunder yaitu data tiap bulan dari jumlah SSP, SPT, SKPKB dan SKPKBT serta penerimaan PPh selama 36 bulan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Secara simultan membuktikan bahwa jumlah SSP, jumlah SPT, jumlah SKPKB dan SKPKBT berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PPh. (2) Secara parsial jumlah SSP, jumlah SPT berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PPh. Jumlah SKPKB dan SKPKBT tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PPh. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu agar KPP Madya Malang lebih memperluas cakupan pemeriksaan atas SSP dan SPT yang telah dilaporkan Wajib Pajak (WP) dan menghimbau Wajib Pajak (WP) agar memperhatikan cara menghitung ataupun mengisi SSP dan SPT sehingga diharapkan akan meminimalisir kesalahan, untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang belum masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/983/051602748
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:33
Last Modified: 30 Aug 2023 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118101
[thumbnail of HARRIS.pdf] Text
HARRIS.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item