Kerjasama Pemerintah Daerah dan Sektor Swasta dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Pelestarian Lingkungan dan Sumber Air (Studi Pada PT Cheil Jedang Indonesia di Kabu

Silviana, SeptiniaEka (2015) Kerjasama Pemerintah Daerah dan Sektor Swasta dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Pelestarian Lingkungan dan Sumber Air (Studi Pada PT Cheil Jedang Indonesia di Kabu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) diupayakan untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif yang mencakup aspek ekonomi, sosial dan lingkungan (triple bottom line). Pembuangan limbah pabrik dilakukan di area tempat tinggal masyarakat di sekitar PT CJI, sehingga memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Dalam menghadapi isu lingkungan tersebut dibutuhkan pembangunan kesejahteraan masyarakat. Namun, pemerintah daerah memiliki keterbatasan dalam pemerataan pembangunan. Sehingga, dibentuk kerjasama antara PT CJI dan BLH dalam pelaksanaan program CSR, di bidang pelestarian lingkungan dan sumber ai r. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kerjasama pelaksanaan program CSR bidang pelestarian lingkungan dan sumber air, antara Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan PT. Cheil Jedang Indonesia dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Kerjasama pelaksanaan program CSR bidang pelestarian lingkungan dan sumber air antara Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan PT. Cheil Jedang Indonesia. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data m odel interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan utama dari kerjasama ini yaitu untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Dan sasarannya adalah masyarakat atau daerah terdampak limbah langsung. Kemudian bentuk perjanjiannya adalah "handshake agreements" dan tidak ada MOU. Koordinasi dan komunikasi kerjasama dilakukan sesuai kebutuhan. Pembiayaan penuh oleh PT CJI dan ditemukan tidak adanya transparansi dana. Sarana dan prasarana disediakan oleh PT. CJI. Monitoring dilakukan sesuai kebutuhan, dengan waktu yang tidak menentu, kemudian model evaluasinya menggunakan model akhir, dan masih ada pencemaran dengan pelaksanaan program CSR yang belum optimal. Berdasarkan uraian diatas, penulis memberikan beberapa rekomendasi seperti PT CJI dan BLH seharusnya lebih memperhatikan keluhan dari masyarakat mengenai pencemaran limbah ke sungai Rejoso. Kerjasama perlu diperkuat dengan perjanjian tertulis, supaya sistem pengkoordinasian dan pelaksanaannya lebih jelas dan tertata. Dibutuhkan strategi khusus dalam kerjasama pelaksanaan CSR bidang pelestarian lingkungan dan sumber air.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/961/0051602322
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:30
Last Modified: 18 Apr 2016 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118077
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item