Efektivitas Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Anggraini, DeviSeptya (2016) Efektivitas Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem pemungutan pajak yang diterapkan di Indonesia adalah self assessment system. Sistem ini membuka celah bagi Wajib Pajak untuk tidak jujur dalam pengisian SPT. Direktorat Jenderal Pajak berkewajiban melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap kepatuhan Wajib Pajak baik melalui pengawasan administratif maupun melalui pemeriksaan pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat efektivitas pelaksanaan pemeriksaan pajak berdasarkan penyelesaian SP2 dan berdasarkan realisasi penerimaan pemeriksaan pajak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data model Miles and Huberman. Lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah KPP Pratama Malang Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pelaksanaan pemeriksaan pajak berdasarkan penyelesaian SP2 di KPP Pratama Malang Selatan tahun 2012 termasuk dalam kriteria efektif, tahun 2013 termasuk dalam kriteria efektif, tahun 2014 termasuk dalam kriteria cukup efektif, dan tahun 2015 termasuk dalam kriteria tidak efektif. Tingkat efektivitas pelaksanaan pemeriksaan pajak berdasarkan realisasi penerimaan pemeriksaan pajak di KPP Pratama Malang Selatan tahun 2012 termasuk dalam kriteria tidak efektif, tahun 2013 termasuk dalam kriteria sangat efektif, tahun 2014 termasuk dalam kriteria sangat efektif, dan tahun 2015 termasuk dalam kriteria sangat efektif. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pemeriksaan pajak di KPP Pratama Malang Selatan antara lain: Wajib Pajak yang tidak kooperatif, keterbatasan jumlah petugas pemeriksa pajak, keterbatasan waktu, keterbatasan data yang dibutuhkan, kurangnya pemahaman Wajib Pajak tentang perpajakan, psikologis Wajib Pajak yang berdeda-beda. Faktor pendukung pelaksanaan pemeriksaan pajak di KPP Pratama Malang Selatan antara lain: adanya rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas, Wajib Pajak yang kooperatif, sumber daya manusia yang kompeten, fasilitas kantor yang tersedia, komunikasi yang baik, adanya dukungan dari pimpinan dan kerjasama yang baik antar bagian.

English Abstract

Tax collection system applied in Indonesia is self assessment system. This system opens up a gap for the taxpayer to be dishonest in filling SPT. Tax directorate general obligation to supervise and guidance on tax compliance through administrative controls and through tax audits. Destination of this study is measure the level of tax audit effectiveness based SP2 settlement and based on realization of revenue from the tax audit. This research used descriptive research methods with a qualitative approach. The analytical method used data analysis model of Miles and Huberman. This Research location is on Tax Office Pratama South Malang The results showed that the effective implementation of the settlement of the tax audits based on completion SP2 on Tax Office Pratama South Malang in 2012 was effective criteria, 2013 was criteria effectively, 2014 the criteria was quite effective, and in 2015 was included is to be ineffective. The effective implementation of the tax audits based on realization of revenue from the tax audit on Tax Office Pratama South Malang in 2012 is including ineffective criteria, 2013 is including very effective criteria, 2014 very effective criteria, and in 2015 is including in the very effective criteria. Implementation inhibiting factor of tax audits on Tax Office Pratama South Malang are : taxpayers who are not cooperative, tax inspectors limited, limited times, the data required are limited, lack of understanding about the taxation of taxpayers, different physiology of taxpayers. Implementation factors supporting of the tax audits on Tax Office Pratama South Malang are : a sense of responsibility for completing the task, the coorporative taxpayer, competently human resources, office facilities are available, good communication, leadership are supporting, and have good cooperation between divisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/952/ 051602313
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Apr 2016 10:53
Last Modified: 12 Apr 2016 10:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118066
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item