Manajemen Koleksi Umum dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka (Studi pada Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang),

Aprillusia, RenaDwi (2015) Manajemen Koleksi Umum dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka (Studi pada Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya terbitan yang dihasilkan dari tahun ke tahun dan beragamnya kebutuhan informasi setiap pemustaka yang berubah sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong perpustakaan untuk melakukan manajemen koleksi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perpustakaan Universitas Brawijaya dalam melaksanakan manajemen koleksi, khususnya untuk koleksi umum dan apa faktor-faktor penghambat dan pendukung dari pelaksanaan manajemen koleksi umum di Perpustakaan Universitas Brawijaya. Kajian teori dalam penelitian ini yaitu konsep Perpustakaan Perguruan Tinggi meliputi: definisi, tujuan, fungsi, dan tugas. Komponen perpustakaan meliputi: pengguna, koleksi, pustakawan, dana, sarana dan prasarana. Konsep manajemen koleksi, meliputi: seleksi, pengadaan, pengolahan, dan evaluasi. Serta teori kebutuhan informasi pemustaka yang termasuk di dalamnya identifikasi kebutuhan informasi pemustaka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun fokus penelitian ini mengacu pada manajemen koleksi umum yang diterapkan di Perpustakaan Universitas Brawijaya serta faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen koleksi umum di Perpustakaan Universitas Brawijaya berpedoman pada Sistem Manajemen Mutu (Standar ISO 9001:2008). Dalam proses manajemen koleksi meliputi tahap seleksi, pengadaan, dan pengolahan. Sedangkan untuk evaluasi koleksi belum pernah dilakukan. Pada tahap seleksi koleksi, penyeleksian dilakukan oleh staf perpustakaan dan pemustaka, termasuk dosen dan mahasiswa melalui form usulan pengadaan buku yang telah disediakan oleh Perpustakaan Universitas Brawijaya dengan tujuan agar buku yang akan diadakan sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Pengadaan koleksi bergantung dengan dana yang tersedia, karena sebagai UPT, Perpustakaan Universitas Brawijaya masih di bawah naungan kantor pusat (rektorat). Pengolahan koleksi di Perpustakaan Universitas Brawijaya meliputi penentuan subjek, pemberian nomor kelas (klasifikasi), input data ke pangkalan data, pemberian label, barcode, magnetic tape, dan penyampulan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen koleksi umum di Perpustakaan Universitas Brawijaya adalah dana, Sumber Daya Manusia (SDM) internal dan eksternal, dan rendahnya sinyal WIFI (lambat) pada saat jamjam kerja. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain sarana dan prasarana yang layak dan memadai, serta adanya form usulan buku yang disediakan Perpustakaan Universitas Brawijaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/946/0051602307
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2015 13:55
Last Modified: 23 Apr 2020 11:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118058
[thumbnail of SKRIPSI_RENA_DWI_APRILLUSIA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RENA_DWI_APRILLUSIA.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item