Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Hamil Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) (Studi Pada Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Kedung Rejoso Kecamatan Kota Anyar Kabupaten Probolinggo)

Musyarrofah, Faiqotul (2015) Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Hamil Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) (Studi Pada Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Desa Kedung Rejoso Kecamatan Kota Anyar Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Porgram Keluarga Harapan (PKH) adalah salah satu program penanggulangan kemiskinan yang bertujuan meningkatkan kualiatas kesehatan ibu hamil melalui pemberian bantuan tunai kepada keluarga sangat miskin. Dalam jangka pendek program ini diharapkan membantu masyarakat sangat miskin dalam jangka pendek, sedangkan dalam jangka panjang PKH merupakan investasi sumber daya manusia agar generasi berikutnya dapat keluar dari rantai kemiskinan. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pelaksanaan PKH untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan PKH, dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PKH dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu hamil di Desa Kedung Rejoso Kecamatan Kota Anyar Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal digunakan untuk menjelaskan dan menganalisis pelaksanaan PKH di Desa Kedung Rejoso. Wawancara dilakukan dengan Kepala Desa Kedung Rejoso, Kasi Kesra Desa Kedung Rejoso, Ketua pendamping program PKH di Desa Kedung Rejoso, Ketua tim koordinasi program PKH, sasaran program keluarga harapan (PKH) Desa kedung Rejoso. Teknik analisis ekplanasi dari Yin (1963) untuk analisis kasus pelaksanaan PKH di Desa Kedung Rejoso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program keluarga harapan dimulai dari pembentukan tim pendamping program keluarga harapan Desa Kedung Rejoso, rekrutment peserta PKH, proses pendistribusian bantuan PKH, dan proseng monitoring, evaluasi dan pelaporan PKH sudah dilaksanakan dengan baik. Semua proses pelaksanaan program keluarga harapan di Desa Kedung Rejoso telah dilaksanakan dengan baik dan efektif. Efektifitas dari PKH membantu keluarga sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, mengurangi resiko kematian ibu hamil, dan dapat memutus rantai kemiskinan antar generasi. Faktor-Faktor yang pempengaruhi keberhasilan pelaksanaan PKH terdiri dari isi program PKH dan kontek PKH Di Desa Kedung Rejoso. Isi kebijakan PKH yang memang benar-benar mencerminkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat miskin serta adanya tata laksana organisasi yang baik di Desa Kedung Rejoso. Sedangkan kontek kebijakan meliputi dukungan dari para pemangku kebijakan serta partisipasi masyarakat khususnya ibu-ibu dalam pelaksanaan program PKH di Desa Kedung Rejoso.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/944/051600609
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2016 11:26
Last Modified: 15 Feb 2016 11:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118056
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item