Analisis Pengaruh Tanggung Jawab sosial perusahaan/ Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra perusahaan. (Survei pada masyarakat sekitar PT. Adaro Indonesia, Tenggarong, Dahai, Kalimantan

Bajra, Bayu (2015) Analisis Pengaruh Tanggung Jawab sosial perusahaan/ Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra perusahaan. (Survei pada masyarakat sekitar PT. Adaro Indonesia, Tenggarong, Dahai, Kalimantan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap citra atau gambaran perusahaan dimasyarakat dan di stakeholder. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Dukungan kepada masyarakat (X1) dan Lingkungan (X2), dengan variabel terkati yaitu Citra Perusahaan (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini adalah kuisioner atau pernyataan yang diperoleh dari jawab dan tanggapan dari masyarakat yang menerima, merasakan dan masyarakat sekitat lingkup tanggung jawab sosial perusahaan yang menjadi data sekunder, dan data primernya merupakan jumlah dan apa saja yang perusahaan berikan kepada masyarakat. Analisi data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,514 yang berarti bahwa 51,4% variabel Citra Perusahaan akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Dukungan kepada masyarakat (X1) dan Lingkungan (X2). Sedangkan sisanya 48,6% variabel Citra Perusahaan akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji simultan (uji F), menunjukkan bahwa dukungan kepada masyarakat dan lingkungan secara simultan berpengaruh terhadap citra perusahaan. Sedangkan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel bebas yang pertama dukungan kepada masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terkait, hal ini juga tejadi pada varibel bebas kedua yaitu lingkugan yang berpengaruh terhadap secara signifikan terhadap citra perusahaan. Berdasarkan hal penelitian tersebut, maka disarankan kepada pihak perusahaan kususnya departemen Corporat Social Responsibility (CSR) untuk terus meningkatkan prestasi dan dukungan kepada masyarakat demi citra perusahaan yang baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/932/051600597
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 29 Feb 2016 09:26
Last Modified: 29 Feb 2016 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118043
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item