Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melalui Komoditas Unggulan (Studi di Desa Sidomulyo, Kota Batu).

Ramadhani, Widyasari (2015) Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melalui Komoditas Unggulan (Studi di Desa Sidomulyo, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman hias yang dikembangkan di Desa Sidomulyo merupakan salah satu komoditas yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan memiliki prospek yang sangat cerah sebagai komoditas unggulan. Dikembangkannya komoditas unggulan tanaman hias ini masih memerlukan peran dari pemerintah desa setempat yang diharapkan dapat mengangkat citra desa sebagai desa unggulan serta meningkatkan perekonomian pendapatan masyarakat Desa Sidomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengembangan komoditas unggulan 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peran pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan masyarakat melalui komoditas unggulan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif. Hasil dari penelitian ini, peran pemerintah desa Sidomulyo dalam pengembangan produk belum berjalan secara optimal karena berperan dominan sebagai koordinator dan fasilitator saja, peran dalam pengembangan sumber daya petani bunga sudah cukup baik dengan terselenggaranya kegiatan berupa pelatihan, peran dalam pengembangan pasar dan promosi sudah cukup baik dengan keikutsertaan desa Sidomulyo dalam event-event pameran, penyelenggaraan studi banding atau KKN, peran dalam kerjasama dengan pihak terkait belum optimal hanya melakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian selaku instansi pemerintah daerah. Faktor yang menjadi pendukung berupa wilayah desa yang potensial, permodalan yang tercukupi dan diadakannya kegiatan pelatihan-pelatihan. Sementara faktor yang menghambat masih adanya infrastruktur berupa pintu gerbang dan pemerataan jalan penghubung antar dusun yang belum optimal. Agar tujuan pengembangan tanaman hias ini berjalan sesuai yang diharapkan dan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat, pemerintah desa perlu menerapkan empat peran strategis pemerintah desa yang ideal sebagai enterpreneur, koordinator, fasilitator dan stimulator.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/892/051600612
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2016 14:14
Last Modified: 16 Feb 2016 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117998
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item