Implementasi Program Penataan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Madiun (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun),

Santosa, BagusGempar (2015) Implementasi Program Penataan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Madiun (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penduduk merupakan salah satu unsur penting dalam suatu negara karena penduduk merupakan pelaku dan sasaran utama dalam pembangunan, sehingga maju mundurnya suatu negara tersebut ditentukan oleh penduduknya masingmasing. Dengan meningkatnya penduduk yang terjadi tiap tahun, jika tidak diimbangi dengan pencapaian kualitas sumber daya manusia yang baik, maka akan memunculkan berbagai macam masalah kependudukan. Peningkatan jumlah penduduk berpengaruh terhadap pertumbuhan suatu kebijakan dan keputusan. Oleh karena itu diperlukan pengaturan data tentang jumlah penduduk yang komperhensif agar data bersifat valid dan akurat. Dalam mewujudkan data yang bersifat valid dan akurat diperlukan administrasi kependudukan yang tertib dan terartur. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah Kabupaten Madiun dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun membuat kebijakan dengan melaksanakan Program Penataan Administrasi Kependudukan. Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang akan dibahas oleh penulis antara lain, Bagaimana implementasi Program Penataan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Madiun dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Program Penataan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Madiun. metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles and Huberman dengan mendeskripsikan, memberikan gambaran, serta menguraikan dan membahas masalah yang terjadi kemudian mengambil kesimpulan dari permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada 4 (empat sasaran strategis) dalam implementasi Program Penataan Administrasi Kependudukan. Dalam mencapai sasaran strategis tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun telah menetapkan 15 (lima belas) kegiatan yang akan diimplementasikan. Adapun faktor pendukung dalam implementasi Program Penataan Administrasi Kependudukan tersebut yaitu adanya landasan hukum yang jelas, adanya komunikasi antar aktor yang jelas, dan adanya sumber daya pendukung. Sedangkan faktor penghambat yaitu, sarana dan prasarana kantor yang kurang memadai, kurangnya kesadaran masyarakat tentang kepemilikan dokumen kependudukan, dan letak geografis Kabupaten Madiun yang terdiri dari hutan dan pegunungan. Oleh sebab itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun perlu memberikan sosialisai secara menyeluruh kepada masyarakat mengenai pentingnya dokumen kependudukan dan juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun perlu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menjangkau masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari kantor dinas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/871/051600546
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Feb 2016 11:59
Last Modified: 09 Feb 2016 11:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117976
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item