Pengaruh R&D Expenditure Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada Nissan Motor Company Ltd).

Darmawan, Agung (2015) Pengaruh R&D Expenditure Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada Nissan Motor Company Ltd). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Globalisasi dan persaingan industri memaksa pelaku industri otomotif untuk mencapai keunggulan kompetitif dibanding pesaing. Produsen otomotif terus berlomba untuk menciptakan teknologi dan inovasi yang lebih unggul dan berdaya saing guna menarik minat konsumen. Menciptakan teknologi dan inovasi baru membutuhkan proses R&D (Researh and Development) yang panjang serta membutuhkan biaya yang besar. Perusahaan Mengeluarkan biaya R&D atau R&D Expenditure guna mendukung penciptaan inovasi dan keunikan yang diharapkan dapat meningkakan penjualan produk yang ditawarkan. Berinvestasi pada R&D memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan. Penelitian ini menyelidiki bagaimana R&D Expenditure mempengaruhi kinerja penjualan Nissan Motor Company dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh R&D Expenditure terhadap penjualan dengan harga minyak dunia sebagai variabel kontrol Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitan ini menggunakan data sekunder yaitu data penjualan, R&D Expenditure nissan motor company dan harga minyak dunia yang diperoleh dari website resmi dan publikasi industri. Data yang diperoleh digunakan sebagai bahan analisis persamaan regresi pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan otomotif Nissan Motor Company dapat memperoleh peningkatan penjualan melalui peningkatan kemampuan dan produktifitas hasil pendayagunaan investasi R&D. R&D Expenditure berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan perusahaan untuk menciptakan teknologin baru inovasi baru yang berdaya saing tinggi yang sulit ditiru oleh pesaing. Hasil temuan lain menunjukkan bahwa Kenaikan harga minyak dunia tidak mempengaruhi hubungan antar R&D Expenditure terhadap penjualan. Kenaikan harga minyak dapat disiasati oleh produsen otomotif dengan mendayagunakan R&D Expenditure sebagai modal untuk menciptakan produk yang lebih efisien dan menarik bagi pelanggan. Konsumen cenderung akan merubah pola konsumsi ke jenis kendaraan yang memilki tingkat efisiensi yang tinggi untuk mengimbangi kenaikan harga minyak dunia.

English Abstract

Globalization and industry competition forcing the automotive industry to achieve a competitive advantage over competitors. Automotive manufacturers are competing to create the technology and innovation more competitive in order to attract consumers. Creating new technologies and innovation requires a process of R&D (Researh and development) long and costly. Issuing Company R&D costs or R&D Expenditure to support the creation of innovation and uniqueness that is expected to be improved its sales of products offered. Investing in R&D provide long term benefits for the company. This study investigates how the R&D expenditure affect sales performance Nissan Motor Company and aims to determine the effect of R&D Expenditure on sale with world oil prices as a control variable This research is an explanatory research with a quantitative approach. This research uses secondary data, sales data, R&D Expenditure nissan motor company and world oil prices are obtained from the official website and publication industry. The data obtained were used as the regression equation analysis in this study. The results showed that the automotive company Nissan Motor Company could experience an increase in sales through increased capacity utilization and productivity of investment in R&D. R&D Expenditure has significant effect on the improvement of the companys ability to create new teknologin new innovations with high competitiveness that are difficult to imitate by competitors. Other findings indicate that the rise in world oil prices do not affect the relationship between R&D expenditure to sales. The increase in oil prices can be circumvented by automotive manufacturers to leverage R&D Expenditure as a capital to create products that are more efficient and attractive to costumer. Consumers tend to change consumption patterns to the type of vehicles that have a high degree of efficiency to offset the increase in world oil prices.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/87/051502246
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Mar 2015 09:26
Last Modified: 27 Mar 2015 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117974
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item