Implementasi Pelayanan Publik Program Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sitem Online (Studi di SMAN 1 Banyuwangi dan SMAN 1 Singojuruh Kabupaten Banyuwangi),

Wintoko, Andreas (2015) Implementasi Pelayanan Publik Program Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sitem Online (Studi di SMAN 1 Banyuwangi dan SMAN 1 Singojuruh Kabupaten Banyuwangi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Globalisasi membawa dampak pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi membawa dampak terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Kemampuan pemerintah dalam menghadapi globalisasi akan berdampak pada perubahan dan peningkatan pelayanan publik. Pemerintah mengadopsi pengunaan teknologi informasi dan komunikasi yang disebut E-Government. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menerapkan konsep E-Govenment di bidang pendidikan dengan menghasilkan program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. PPDB Online merupakan sistem yang dirancang untuk melakukan otomatisasi seleksi penerimaan siswa baru, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (real time). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi PPDB Online dalam perspektif pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Banyuwangi dan SMAN 1 Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program PPDB Online berhasil meningkatkan pelayanan publik terutama di bidang pendidikan. Implementasi PPDB Online di SMAN 1 Banyuwangi dan SMAN 1 Singojuruh berjalan dengan baik, hal tersebut dapat terlihat dari tercapainya tujuan yang telah dirumuskan serta adanya manfaat yang dirasakan oleh pihak-pihak terkait yaitu, Dinas Pendidikan, sekolah, dan masyarakat. Aktor pelaksana program PPDB Online juga telah menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. Sarana dan prasarana yang ada di kedua sekolah telah mencukupi untuk melaksanakan program PPDB Online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/868/051600543
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Feb 2016 09:22
Last Modified: 10 Feb 2016 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117972
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item