Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan Gondosuli Berbasis Perikanan Budidaya (Studi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung).

Chintya, Yugke (2015) Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan Gondosuli Berbasis Perikanan Budidaya (Studi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya adalah sumber daya perikanan. Sektor perikanan memiliki potensi sebagai pendorong perekonomian lokal jika dapat dikelola dengan baik. Dengan adanya kebijakan minapolitan, diharapkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perikanan secara optimal akan memiliki nilai tambah dan mengangkat kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Dinas Kelautan dan perikanan memiliki peranan untuk mencapai tujuan minapolitan. Dengan penelitian berjudul Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan Gondosuli Berbasis Perikanan Budidaya (Studi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung) fokus yakni strategi yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung dalam pencapaian tujuan minapolitan di Desa Gondosuli berbasis perikanan budidaya, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian tujuan minapolitan Gondosuli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif, Lokasi pada penelitian ini adalah Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Sedangkan situs adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung. Metode analisis interaktif data meliputi tiga komponen yaitu kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau menverifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas kelautan dan Perikanan melakukan kegiatan pembinaan SDM, perbaikan sarana dan prasarana, serta penguatan kelembagaan untuk mencapai tujuan minapolitan di Desa Gondosuli. Pelaksanaan strategi ini terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah SDM, kelembagaan yang kuat, dan tenaga kerja mudah didapat. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan tersebut adalah ketergantungan benih dan pakan ikan, permodalan, dan sarana transportasi. Dari hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain merencanakan program pengadaan benih secara serius agar cepat terealisasi, melakukan penerapan teknologi untuk pembuatan pakan, mengadakan sosialisasi mengenai prosedur kredit murah yang diadakan Dinas Kelautan dan Perikanan, serta mengupayakan tersedianya anggaran untuk pengadaan sarana transportasi berupa mobil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/857/051509154
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Dec 2015 08:52
Last Modified: 17 Dec 2015 08:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117959
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item