Implementasi Kebijakan Industri Hijau (Green Industry) Berbasis Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development) (Studi pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Tuban).

Damayanti, Arrum (2015) Implementasi Kebijakan Industri Hijau (Green Industry) Berbasis Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development) (Studi pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bentuk perhatian pemerintah Indonesia terkait pembangunan industri tertuang dalam Undang-Undang No 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian perubahan atas Undang-Undang No 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian. Dalam perubahan kebijakan yang diperbarui salah satunya adalah masuknya kebijakan pelaksanaan Industri Hijau sebagai kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh entitas industri di Indonesia. Salah satu yang melaksanakannya adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan telah mendapatkan penghargaan sebagai Industri Hijau. Keberhasilan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan referensi baik untuk industri lain dalam menjalankan bisnis yang hijau. Maka perlu dilakukan penelitian bagaimana implementasi kebijakan Industri Hijau di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan bagaimana outputnya didasarkan atas pembangunan berkelanjutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dibatasi 2 fokus penelitian: 1) Implementasi kebijakan Industri Hijau oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang dilihat berdasarkan teori Nugroho dan Edward III yakni program/kegiatan yang dikembangkan, komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi; 2) Output Implementasi kebijakan berdasarkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi kebijakan Industri Hijau oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk: 1) berbagai program telah diciptakan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan walaupun dalam realisasinya masih ada beberapa kekurangan; komunikasi terjadi langsung antara Kementerian Perindustrian dan perusahaan dan berjalan lancar walaupun tidak melibatkan pemerintah daerah Kabupaten Tuban; sumber daya yang digunakan dalam implementasi kebijakan Industri Hijau PT Semen Indonesia (Persero) Tbk semua sudah mencukupi mulai dari aktor pelaksana yang dimilki sesuai keahlian, anggaran yang mencukupi, sarana dan prasarana yang diciptakan untuk mendukung implementasi, informasi jelas yang didapat perusahaan untuk menjalankan kebijakan, pemahaman kewenangan perusahaan terhadap pelaksanaan kebijakan; disposisi atau sikap pelaksana kebijakan yakni perusahaan ditunjukkan dengan komitmen yang sangat tinggi; dan struktur birokrasi yang digunakan sesuai standar yang berlaku. 2) Output implementasi pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan semua merupakan output positif. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengimplementasikan kebijakan Industri Hijau dengan baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah agar lebih ada perbaikan program perusahaan dalam implementasi kebijakan Industri Hijau.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/846/051509143
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2015 15:50
Last Modified: 07 Sep 2022 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117946
[thumbnail of ARRUM DAMAYANTI.pdf] Text
ARRUM DAMAYANTI.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item