Implementasi Program CSR Rintisan Biogas Sebagai Usaha Menuju Desa Mandiri Energi (Studi di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro),

Robiyah, SitiIskha (2015) Implementasi Program CSR Rintisan Biogas Sebagai Usaha Menuju Desa Mandiri Energi (Studi di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementasi program CSR rintisan biogas sebagai salah satu program yang patut dilaksanakan dan dikembangkan diwilayah Desa Gayam. Sebab limbah kotoran ternak yang biasanya dibuang begitu saja dapat dimanfaatkan sebagai bahan pokok energi alternatif rumah tangga dalam upaya mewujudkan masyarakat desa mandiri energi. Apalagi semakin lama kelangkaan BBM semakin meningkat sehingga biogas merupakan solusi efektif dalam pemenuhan energi rumah tangga pedesaan. Program ini juga berkaitan dengan Visi Kabupaten Bojonegoro sebagai lumbung energi negeri. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan menganalisis implementasi program rintisan biogas, mendeskripsikan dan menganalisis bentuk output desa mandiri energi, mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program CSR rintisan biogas sebagai usaha menuju desa mandiri energi di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program CSR rintisan biogas yang digagas oleh EMCL didukung oleh mitra kerjanya Yayasan Trukajaya, Pemerintah daerah setempat, dinas peternakan dan masyarakat ini patut diimplementasikan secara berkelanjutan dan dikembangkan agar tercipta desa mandiri energi. Faktor pendukung dari implementasi program CSR rintisan biogas adalah biaya mencukupi, semangat tinggi, perizinan di handle oleh EMCL, dukungan dari berbagai pihak, aktor pendamping dan pembimbing yang kompeten. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi yaitu material bangunan tidak bagus, biaya tukang dan kuli mahal, kondisi tanah kembang susut, musim hujan, pesta demokrasi, pertemuan koordinasi tidak tepat waktu serta adanya tenaga muda yang lebih suka bekerja outsouching pada proyek EMCL. Pada program biogas ini seharusnya koordinasi dengan pemerintah setempat dan dinas peternakan dimaksimalkan, manfaatkan tenaga ahli biogas untuk keberlanjutan program, menjadikan program sebagai rencana pembangunan jangka menengah desa, mengubah pola pikir pemuda untuk lebih cinta terhadap pembangunan biogas secara berkelanjutan, masyarakat mengembangkan dan mengimplementasikan program secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/845/051509142
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2015 15:45
Last Modified: 16 Dec 2015 15:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117945
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item