Hidayatullah, KharismaRizki (2015) Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Pada Konsumen www.ardiansmx.com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan era globalisasi informasi saat ini banyak ditandai oleh berbagai macam perubahan. Salah satunya terlihat pada perubahan perkembangan dalam bidang teknologi informasi. Teknologi informasi banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, baik di bidang pekerjaan pekerjaan maupun sekedar hiburan. Pemanfaatan perkembangan teknologi internet ini dapat diimplementasikan dengan e-commerce. E-commerce merupakan situs yang menyediakan transaksi berbelanja secara online. Penggunaan layanan e-commerce ini memberikan dampak positif yang besar terhadap peningkatan efektivitas dan efisiensi perdagangan. Hal ini menjadikan berbagai pelaku bisnis membuat layanan e-commerce yang mudah digunakan dan memberikan informasi yang akurat kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemudahan dan kualitas informasi e-commerce terhadap minat dan keputusan pembelian secara online pada konsumen www.ardiansmx.com. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para responden dan data sekunder berasal dari laporan-laporan, jurnal dan arsip literatur-literatur yang relevan. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur dan mengungkap data penelitian secara tepat. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan jalur (path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, minat beli konsumen, kemudahan dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian situs www.ardiansmx.com. Hasil analisis dapat diketahui bahwa dengan adanya kemudahan dalam proses mengoperasionalkan transaksi mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian pada situs www.ardiansmx.com. Adanya pengaruh yang signifikan menunjukkan bahwa dengan semakin baiknya kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen dalam situs www.ardiansmx.com. Selain itu, semakin tingginya minat beli konsumen akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian situs www.ardiansmx.com. Kemudahan dan kualitas informasi yang diberikan situs www.ardiansmx.com mampu meningkatkan minat beli konsumen. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya tindakan keputusan pembelian konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/836/051509133 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Dec 2015 14:11 |
Last Modified: | 16 Dec 2015 14:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117935 |
Actions (login required)
View Item |