Efektivitas Promosi Menggunakan Media Sosial Instagram Serta Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada “Restoran Fish And Fam” Malang

Rakhmawati, Aulia (2018) Efektivitas Promosi Menggunakan Media Sosial Instagram Serta Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada “Restoran Fish And Fam” Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan perkembangan dunia bisnis mengalami kemajuan yang pesat, sehingga banyak bermunculan usaha-usaha dalam skala besar maupun kecil menengah untuk bersaing di dalam pasar. Setiap industri tentunya mempunyai tujuan untuk mengembangkan usahanya agar tetap terus beroperasi dan meningkatkan keuntugan operasional industri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan. Secara teoritik kebijaksanaan yang ditempuh oleh setiap perusahaan untuk memasarkan hasil produksinya adalah kombinasi dari empat kegiatan pemasaran yang dikenal dengan bauran pemasaran atau marketing mix. Salah satunya dengan melakukan bauran pemasaran yaitu promosi. Melihat banyaknya pengakses media sosial di Indonesia, bisa menjadi peluang yang baik slah satunya dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan suatu produk. Seperti yang dilakukan oleh Restoran Fish and Fam di Malang, media sosial Instagram digunakan sebagai media promosi produk restorannya karena Instagram bisa diakses oleh semua orang dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil Restoran Fish and Fam Malang, menganalisis efektifitas media sosial Instagram sebagai media promosi pada Restoran Fish and Fam Malang berdasarkan EPIC Model, menganalisis pengaruh media sosial Instagram sebagai media promosi pada Restoran Fish and Fam Malang terhadap volume penjualan. Penelitian ini dilaksanakan di Restoran Fish and Fam, Jalan Bunga Coklat No. 1, Soekarno Hatta, Malang pada bulan Februari hingga Maret 2018. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode tabulasi jawaban responden untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap volume penjualan. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas promosi media sosial Instagram menggunakan pendekatan EPIC Model. Jenis dan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang melakukan pembelian di Restoran Fish and Fam yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Populasi ini bersifat heterogen yang dapat dilihat dari beragam usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan. Sedangkan metode pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan insidental sampling dimana menggunakan sampel seluruh pengunjung yang memiliki aplikasi Instagram dan pernah membeli produk di Restoran Fish and Fam. Penentuan jumlah sampel yang digunakan peneliti ditentukan dengan menggunakan linear time function, sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 108 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, EPIC Model. Analisis data deskriptif untuk menggambarkan objek penelitian yang terdiri dari gambaran lokasi penelitian, karakteristik responden yang mengunjungi Restoran Fish and Fam yang didapatkan melalui pengisian kuisioner dan wawancara. Metode analisis data menggunkan EPIC vi Model bertujuan untuk menganalisis efektivitas media promosi Instagram pada Restoran Fish and Fam. Sedangkan metode analisis tabulasi jawaban responden digunakan untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil analisis efektivitas promosi menggunakan EPIC Model diperoleh hasil EPIC Rate sebesar 3,705 yang berarti bahwa promosi yang dilakukan Restoran Fish and Fam menggunakan media sosial Instagram termasuk dalam kategori efektif. Kosumen sering mengkonsumsi produk-produk yang ada di Restoran Fish and Fam. Hal tersebut didukung oleh jawaban responden cukup setuju sejumlah 45 dengan persentase 41,67% responden dengan rata-rata item sebesar 3,18. Sedangkan jawaban konsumen selalu membeli produk yang berbeda pada Restoran Fish and Fam. Hal tersebut didukung oleh jawaban responden cukup setuju sejumlah 42 dengan persentase 34,26% responden dengan rata-rata item sebesar 2,96. Konsumen yang pernah berkunjung ke Restoran Fish and Fam antara 2 hingga 3 kali dan mereka setiap membeli jumlah porsi yang dibeli 1 porsi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/226/051804605
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:59
Last Modified: 15 Dec 2020 09:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11793
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item