Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang),

Fahimah (2015) Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis kuliner marak didirikan pada kota-kota besar di Indonesia salah satunya di Kota Malang. Bisnis kuliner yang paling diminati adalah bisnis restoran bertipe kafe. Penciptaan store atmosphere (suasana toko) pada sebuah kafe diharapkan menjadi strategi alternatif yang tepat dalam menghadapi persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh Store Atmosphere yang meliputi variabel Komunikasi Visual (X1), Pencahayaan (X2), Warna (X3), Musik (X4) dan Aroma (X5) secara bersama-sama dan parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y) serta mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang melakukan pembelian dan menikmati hidangan di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang dengan sampel sejumlah 118 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Visual (X1), Pencahayaan (X2), Warna (X3), Musik (X4) dan Aroma (X5) berpengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap variabel Proses Keputusan Pembelian (Y). Aroma (X5) menjadi variabel yang dominan mempengaruhi variabel Proses Keputusan Pembelian (Y). Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,695 artinya kemampuan variabel Komunikasi Visual (X1), Pencahayaan (X2), Warna (X3), Musik (X4) dan Aroma (X5) dalam mempengaruhi variabel Proses Keputusan Pembelian (Y) sebesar 69,5% sedangkan sisanya sebesar 30,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/830/051509127
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Dec 2015 10:25
Last Modified: 18 Dec 2015 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117929
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item