Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana di BEI Periode 2012-2014 (Studi pada Perusahaan yang Melaksanakan IPO di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Lestari, AnggeliaHayu (2015) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Penawaran Umum Perdana di BEI Periode 2012-2014 (Studi pada Perusahaan yang Melaksanakan IPO di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu alternatif pendanaan yang dapat dipilih oleh perusahaan untuk mengembangkan usahanya adalah melalui mekanisme go public. Mekanisme ini dapat dilakukan oleh perusahaan dengan melaksanakan penjualan saham perdananya kepada publik. Istilah yang biasa disebut adalah penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Penentuan harga saham di pasar perdana tidak sama dengan penentuan harga saham di pasar sekunder yang ditentukan oleh hukum penawaran dan permintaan, harga saham di pasar perdana ditentukan oleh perusahaan sebagai emiten dan underwriter sebagai penjamin emisi. Overpricing terjadi apabila harga saham saat IPO atau di pasar perdana secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang terjadi di pasar sekunder pada hari pertama. Underpricing sebaliknya terjadi apabila harga saat IPO atau di pasar perdana secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan harga yang terjadi di pasar sekunder pada hari pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikansi variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, umur perusahaan, persentase penawaran saham, dan jenis industri terhadap tingkat underpricing yang terjadi pada penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan total 42 sampel dari 75 perusahaan yang melaksanakan IPO pada periode 2012-2014. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan reputasi underwriter, reputasi auditor, umur perusahaan, persentase penawaran saham, dan jenis industri berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat underpricing. Nilai adjusted R2 yang menunjukkan koefisien determinasi memperlihatkan kontribusi variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen hanya sebesar 6.8%. Secara parsial, hanya variabel reputasi auditor yang memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap underpricing. Reputasi underwriter, umur perusahaan, dan jenis industri berpengaruh tidak signifikan dan negatif terhadap underpricing, sedangkan persentase penawaran saham juga berpengaruh tidak signifikan terhadap underpricing namun dengan arah koefisien positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/814/051509111
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Dec 2015 09:13
Last Modified: 27 Jul 2020 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117910
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item