Implementasi Kebijakan Pakta Integritas Dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Publik (Studi Pada Keputusan Bupati Madiun Nomor : 237 Tahun 2005 Tentang Pakta Integritas di Lingkungan Kabupaten Madiun)

Pravitasari, Nurlita (2015) Implementasi Kebijakan Pakta Integritas Dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Publik (Studi Pada Keputusan Bupati Madiun Nomor : 237 Tahun 2005 Tentang Pakta Integritas di Lingkungan Kabupaten Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena kebijakan pakta integritas di Kabupaten Madiun yang telah diresmikan melalui Keputusan Bupati Madiun nomor : 237 tahun 2005, Pakta Integritas telah digunakan sebagai ajuan atau panduan Pemerintah Kabupaten Madiun dalam menangani tindak penyelewengan aparatur publik yang terjadi di lingkungan Kabupaten Madiun. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dibutuhkan aparatur yang memiliki profesionalisme kerja dalam memberikan pelayanan terhadap publik yang transparan, akuntabel, bersih dan bebas dari korupsi dan Nepotisme (KKN). Dalam hal ini kebijakan pakta integritas berdasarkan Keputusan Bupati Madiun nomor :237 tahun 2005 tentang Pakta integritas memiliki peran yang penting untuk mengatur dan mengendalikan aparatur publik dalam menjalankan tugasnya secara jujur. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pakta integritas dalam peningkatan kinerja aparatur publik berdasarkan keputusan Bupati Madiun nomor : 237 tahun 2005 tentang pakta integritas di Kabupaten Madiun, hasil dari implementasi serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi tersebut. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini berusaha menggambarkan data penelitian yang diperoleh. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan memadukan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada para informan, observasi dan analisis dokumen. Sedangkan situs penelitian terletak di Kantor Kecamatan Balerejo dan Kantor Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pakta integritas dalam peningkatan kinerja aparatur publik di Kabupaten Madiun v khususnya di Kecamatan Balerejo dan Kecamatan Wungu dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel sesuai dengan Keputusan Bupati Madiun nomor : 237 tahun 2005 tentang pakta integritas. Salah satu bentuk telah dilaksanakan nya pakta integritas di Kabupaten Madiun adalah penandatanganan perjanjian pernyataan pakta integritas yang wajib dilakukan seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Madiun agar tercipta pemerintahan yang bersih dari tindak penyelewengan KKN maupun Nepotisme dan terwujudnya pelayanan yang mudah, cepat, tepat dan akurat dalam upaya menunjang penyelenggaraan pemerintahan. Namun demikian tidak semua aparatur mempunyai kesadaran akan pentingnya pakta integritas akibatnya rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugasnya sangat rendah dan kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akhirnya visi misi dari pakta integritas tidak dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/802/051508218
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Dec 2015 14:27
Last Modified: 15 Dec 2015 14:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117896
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item