Strategi Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai Pendukung Pembangunan Berkelanjutan Di Kota Mataram (Studi Pada Dinas Pertamanan Kota Mataram),

Putra, IrlanMuhardi (2015) Strategi Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai Pendukung Pembangunan Berkelanjutan Di Kota Mataram (Studi Pada Dinas Pertamanan Kota Mataram),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pelaksanaan pembangunan sudah tidak dapat dipungkiri bahwa dalam perkembangannya akan dihadapkan dengan tantangan terjadinya degradasi kualitas lingkungan, karena pembangunan yang di lakukan seringkali berusaha melakukan eksploitasi dan perubahan besar-besaran terhadap lingkungan guna memenuhi kebutuhan. Pembangunan yang dilakukan di kota selalu mengindentikkan pembangunan dengan indikator fisik dan ekonomi sebagai bukti keberhasilan pembangunan. Padahal dalam pembangunan, elemen alam dan elemen manusia seharusnya bisa berjalan bersamaan, saling mendukung dan saling bergantung. Kebijakan pembangunan kedepan selain mengembangkan sektor ekonomi juga harus mampu mendorong peningkatan kualitas lingkungan dan sosial masyarakat untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, dalam peningkatan kualitas lingkungan perkotaan maka diperlukan pengembangan ruang terbuka hijau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi pengembangan ruang terbuka hijau sebagai pendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Mataram. Selain itu juga untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kondisi ruang terbuka hijau di Kota Mataram dan peran stakeholder dalam pengembangan ruang terbuka hijau. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data SWOT yaitu analisis untuk menentukan strategi dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Kota Mataram masih belum mencapai luas ruang terbuka hijau yang diamanatkan dalam undang-undang. Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang perlu digunakan dalam pengembangan ruang terbuka hijau adalah bekerja sama dengan pihak swasta melalui program social coorporate responsibility, melibatkan komunitas lingkungan dalam rangka penyuluhan dan pembinaan, mengoptimalkan program pengembangan kota hijau, memanfaatkan teknologi sebagai sarana sosialisasi program pemerintah agar dapat diketahui oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/780/051508196
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Dec 2015 09:43
Last Modified: 01 Dec 2015 09:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117871
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item