Puspitasari, WiraNofia (2015) Strategi Promosi Pariwisata Kota Malang (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Strategi merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah dibuat dan dijadikan sasaran. Sasaran dalam hal ini ialah yang berkaitan langsung dengan pengembangan pariwisata. Pengembangan pariwisata yang baik merupakan salah satu tugas dan fungsi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, termasuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Pengembangan pariwisata tidak dapat begitu saja dilakukan, melainkan membutuhkan adannya strategi promosi pariwisata yang baik yang mampu membawa kemajuan pariwisata di Kota Malang. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi promosi pariwisata Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif, karena penelitian ini bermaksud menggambarkan tentang strategi promosi pariwisata Kota Malang. Metode deskriptif adalah memecahkan masalah dengan berdasarkan fakta yang ada. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang ada. Melalui penelitian ini maka peneliti akan dapat mendeskripsikan kenyataan di lapangan mengenai strategi promosi pariwisata Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi promosi pariwisata meliputi kegiatan dan program, kerjasama promosi, serta anggaran yang dibutuhkan. Ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain dan promosi pariwisata sendiri tidak dapat berjalan baik apabila salah satu dari komponen strategi tersebut tidak ada. Faktor penghambat dan pendukung jika dilihat melalui teori implementasi, secara struktur birokrasi sudah memiliki landasan yang tepat.Namun, disisi lain disposisi dan sumberdaya masih kurang serta pemberdayaan peluang apabila dilihat dari pemasaran juga masih belum maksimal.Dilihat melalui SWOT pada intinya membutuhkan kesadaran serta komitmen masing-masing aktor.Beberapa rekomendasi yang diberikan ialah peningkatan kesadaran serta komunikasi, peningkatan wisata belanja, dan perbaikan objek daya tarik wisata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/772/051508188 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 01 Dec 2015 08:29 |
Last Modified: | 01 Dec 2015 08:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |