Sinergi Aktor Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi pada Desa Wisata Kasongan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi DIY

Candra, SekarAyu (2015) Sinergi Aktor Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi pada Desa Wisata Kasongan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi DIY. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sinergi merupakan suatu proses dimana interaksi masing-masing aktor menjalankan perannya dengan koordinasi untuk menghasilkan optimalisasi dari kerjasama yang dibangun. Sehingga sinergi aktor memberikan hasil yang optimal dalam pengembangan desa wisata dengan menggabungkan kekuatan aktor Local Economic Resources Development (LERD). Adanya LERD memungkinkan kerjasama dalam perancangan dan pelaksanaan strategi pembangunan secara umum, dengan menggunakan sumber daya lokal dan keuntungan kompetitif dalam konteks global, dengan tujuan akhir menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan merangsang kegiatan ekonomi. Salah satunya dengan pengembangan Desa Wisata Kasongan di Kabupaten Bantul yang mengkombinasikan kekuatan aktor LERD untuk mencapai sinergi yang optimal. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teori sinergi dan aktor, Local Economic Resources Development, konsep Desa Wisata dan faktor pendukung penghambat dalam menganalisa. Fokusnya adalah melihat aktor yang terhubung, peran aktor, koordinasi dan kemitraan aktor, dan capaian sinergi. Lokasi penelitian di Kabupaten Bantul dengan situs di Desa Wisata Kasongan Kecamatan Kasihan. Sumber data berasal dari sumber data primer yang berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi dengan menggunakan peneliti sebagai instrumen utama. Sedangkan data yang diperoleh dianalisa menggunakan model analisa data Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi aktor dalam pengembangan Desa Wisata Kasongan cukup baik. Hal ini diamati dari aktor yang terhubung sesuai dengan kelembagaan aktor dalam LERD, peran aktor yang sudah dijalankan masing-masing aspek dengan koordinasi satu sama lain. Meskipun begitu capaiannya masih belum dirasakan manfaatnya secara luas oleh masyarakat lokal terutama bagi pengrajin tetap yang kurang terkenal. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat koordinasi yang kurang di setiap struktur masyarakat. Sinergi aktor yang dominan masih terdapat di level government sehingga dalam perannya hanya menjalankan sesuai tugas dan fungsi tetapi tidak melihat struktur masyarakat secara luas. Namun, hal tersebut bisa dikurangi dengan adanya sinergi aktor yang menyeluruh dari atas sampai bawah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/771/051508187
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:21
Last Modified: 01 Dec 2015 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117861
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item