Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Regulasi Daerah Terkait Penerimaan Pajak Reklame (Studi Kasus di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang).

Madina, RisaIman (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Regulasi Daerah Terkait Penerimaan Pajak Reklame (Studi Kasus di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas adanya faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi regulasi daerah terkait penerimaan pajak reklame. Dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi, penelitian ini juga dilihat dari bagaimana implementasi regulasi daerah terkait penerimaan pajak reklame tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi regulasi daerah terkait penerimaan pajak reklame di Kota Malang sudah cukup efektif jika dilihat dari proses kegiatannya, aktor atau pihak-pihak yang terlibat, target dan sasarannya. Ke semuanya telah mencakup implementor (pelaksana implementasi yaitu pihak Dispenda dan Satuan Kerja Perangkat Daerah lainnya), penerima implementasi sekaligus kepentingan yang terpengaruhi yaitu masyarakat, adanya konflik diantara para implementor yaitu kurangnya koordinasi, serta adanya kondisi sumber daya. (sesuai model Grindle). Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi regulasi daerah dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak reklame, meliputi faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal dan eksternal masing-masing meliputi adanya faktor pendukung dan penghambat. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagi pemerintah daerah untuk dapat mengkaji regulasi khususnya pajak reklame yang masih belum sempurna, bagi Dispenda perlu diadakannya pembinaan SDM, dapat lebih memperbaiki dari segi pelayanannya, dalam rangka pengoptimalan pajak dilakukan sensus terhadap pajak reklame, mengadakan sosialisasi ekstra terkait peraturan hukum, sosialisasi mengenai adanya Tim Pemeriksaan Pajak, memaksimalkan koordinasi dengan SKPD lainnya, lebih menindaklanjuti adanya reklame-reklame liar khususnya di Kota Malang, dapat lebih memperhatikan tatanan Kota Malang dengan bekerja sama dengan DKP dan Satpol PP dalam menertibkan reklame di lapangan, serta dapat menambah/memaksimalkan sumbangan dari pajak reklame untuk daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/763/051508152
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Nov 2015 15:03
Last Modified: 26 Nov 2015 15:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117852
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item