Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio, dan Longterm Debt to Equity Ratio Terhadap Price Book Value (Studi pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di B

Apsari, IdhaAyu (2015) Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio, dan Longterm Debt to Equity Ratio Terhadap Price Book Value (Studi pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di B. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan yang berdiri selalu berusaha untuk terus menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Kegiatan operasional perusahaan dijalankan untuk mencapai tujuan perusahan, yaitu meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan perusahaan dapat tercapai yaitu dengan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang tinggi dan kegiatan operasional perusaahan yang didukung oleh sumber pendanaan yaitu modal dan hutang, yang merupakan unsur dari struktur modal. Tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dapat dilihat pada rasio-rasio profitabilitas, dan struktur modal perusahaan tercermin pada rasio-rasio hutang. Rasio-rasio tersebut merupakan rasio-rasio keuangan yang tercantum dalam laporan keuangan perusahaan, yang pada dasarnya dapat menyediakan informasi bagi investor tentang kinerja keuangan perusahaan, sehingga dapat membantu keputusan investor dalam pembelian saham. Profitabilitas perusahaan dapat diukur dengan ROE dan NPM, dan struktur modal perusahaan dapat diukur dengan DER dan LDER. Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba tinggi dan penentuan struktur modal yang tepat akan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan adalah persepsi investor tentang prospek perusahaan di masa mendatang, yang tercermin dari harga saham perusahaan, dan dapat diukur dengan PBV. Nilai perusahaan yang meningkat akan dapat meningkatkan kemakmuran pemegang saham. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara Return On Equity, Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio, dan Longterm Debt To Equity Ratio terhadap Price Book Value. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ekplanatori. Penelitian ini mengambil objek penelitian yaitu perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode tahun 2010-2013. Jumlah sampel penelitian setelah diseleksi dengan teknik purposive sampling adalah sebanyak 17 perusahaan. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ROE dan NPM berpengaruh positif signifikan terhadap PBV, dan DER dan LDER tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV. Secara simultan ROE, NPM, DER, LDER, berpengaruh terhadap PBV sebesar 67%, sedangkan sisanya yaitu 33% PBV dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/757/051508146
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2015 14:13
Last Modified: 30 Nov 2015 14:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117845
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item