Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap Efektifitas Iklan Online (Survei pada Pembeli Toko Online Adorable Project),

Johar, Diah Syafita (2015) Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap Efektifitas Iklan Online (Survei pada Pembeli Toko Online Adorable Project),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi AIDA (attention, interest, desire, action), Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang terbentuk terhadap efektifitas iklan online dan untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi efektifitas iklan online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran sebagai dasar dari variabel iklan yang akan diteliti, lalu teori kedua yang digunakan adalah Hierarchy-of-effect yaitu tahapan-tahapan keputusan pembelian atau respon konsumen setelah melihat iklan. Hierarchy-of-effect sendiri menurunakn suatu model yaitu AIDA (attention, interest, desire, action). AIDA adalah suatu model yang sering digunakan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap perilaku konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian explanatory atau penelitian penjelasan, dengan sampel sebanyak 145 orang dengan populasi yang tidak diketahui hasil tersebut didapatkan menggunakan rumus Machin&Champbell. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan melalui analisis yang telah dilakukan adalah faktor Attention menentukan efektifitas iklan online sebesar 0,121%. Faktor interest menentukan efektifitas iklan online sebesar 0,513%, faktor desire menentukan efektifitas iklan online sebesar 0,376%, dan faktor action menentukan iklan online sebesar 0,167%. Dari analisis diatas faktor interest adalah faktor yang dominan dalam menentukan efektifitas iklan online. Sehingga kesimpulan yang didapatkan adalah model AIDA berpengaruh dalam menentukan efektifitas iklan online dengan faktor interest adalah faktor yang paling dominan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/730/051508119
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Nov 2015 11:15
Last Modified: 29 Jun 2022 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117816
[thumbnail of DIAH SYAFITA JOHAR.pdf] Text
DIAH SYAFITA JOHAR.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item