Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Nuzula, Firdausi (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang senantiasa melakukan pembangunan di segala bidang. Pemerintah dalam pembangunan harus melakukan inovasi baru agar penerimaan negara setiap tahun bisa meningkat guna untuk pembiayaan pembangunan negara. Sumber penerimaan negara terbesar adalah dari sektor pajak, untuk meningkatkan penerimaan tersebut Direktorat Jenderal Pajak melakukan reformasi di bidang perpajakan dengan mengubah sistem pemungutan pajak menjadi self assessment system dan pembentukan Account Representetive di Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kualitas pelayanan (X1) dan kinerja Account Representetive (X2) terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pare Kab.Kediri dengan menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan variabel kinerja Account Representative (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y). Hal ini di buktikan dengan nilai F hitung sebesar 22,192 dengan nilai signifikansi < 0,005. Penelitian ini juga menunjukkan bawa secara parsial variabel kualitas pelayanan (X1) dan variabel kinerja Account Representative (X2) memiliki pengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Y). Dengan demikian Account Representative yang ada di kantor pelayanan pajak pratama Pare Kab.Kediri dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/704/051508093
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2015 15:31
Last Modified: 23 Nov 2015 15:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117789
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item