Program Government Mobile Sebagai Bentuk Reformasi Birokrasi Di Bidang Pelayanan Publik (Studi di KabupatenGorontalo).

Tongkonoo, MuhammadNasir (2015) Program Government Mobile Sebagai Bentuk Reformasi Birokrasi Di Bidang Pelayanan Publik (Studi di KabupatenGorontalo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik yang disebut Government Mobile menjadi program primadona di Kabupaten Gorontalo. Program Government Mobile berbentuk pelayanan langsung kepada masyarakat, dengan kata lain pelayanan jemput bola. Asal mula program ini yaitu ingin merubah pandangan atau paradigma lama yang menganggap pemerintah hanya melayani di belakang meja menjadi pemerintah yang mengutamakan pelayanan secara langsung kepada masyarakat dengan cepat dan tepat dan memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan hanya dibatasi padadua focus penelitian, yaitu (1) Pelaksanaan program Government Mobile sebagai bentuk reformasi birokrasi di bidang pelayanan public; (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Government Mobile sebagai bentuk reformasi birokrasi di bidang pelayanan public. Sedangk ananalisis data di lapangan yang digunakan adalah analisis deskriptif.Melalui tahapan kondensasi data, penyajian data dan menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan. Dalam pelaksanaan program Government Mobile dikaji menjadi beberapa aspek yaitu proses pelaksanaan, actor atau pelaksana, tujuan dan sasarandan yang terakhir adalah hasil dan manfaat. Dalam aspek proses pelaksanaan terdiri dari tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Aktor yang terlibat dalam pelaksanaan yaitu pemerintah sebagai pemberi pelayanan dan masyarakat yang menerima pelayanan.Sasaran dan tujuan utama program ini adalah pelayanan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Factor pendukung dari program ini yaitu untuk faktor internal adalah komitmen pemimpin, komitmen dari SKPD dan peraturan yang jelas sedangkan untuk faktor ekstern aladalah partisipasi masyarakat. Faktor penghambat yaitu untuk internal adalah rentan waktu yang terbatas, anggaran sedangkan eksternalnya adalah informasi yang kurang dan fasilitas, sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/694/051507442
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2015 12:22
Last Modified: 08 Oct 2015 12:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117777
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item