Evaluasi Program Sinkronisasi Pendataan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam Rangka Pemerataan Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Rohanies, Ajeng (2015) Evaluasi Program Sinkronisasi Pendataan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam Rangka Pemerataan Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional karena merupakan salah satu penentu kemajuan bagi suatu negara. Berbagai persoalan pendidikan terutama masalah tidak ada biaya untuk sekolah ditanggapi oleh pemerintah dengan pembuatan Program Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Tujuan umum dari program BOS adalah untuk meringankan biaya pendidikan. Penyaluran dana BOS selalu dimonitoring dan dievaluasi agar dana yang disaluran tidak salah sasaran. Salah satu upaya untuk pemerataan, penggunaan dan pertanggungjawaban program dana BOS adalah dengan memanfaatkan penggunakan e-Government. Pemanfaatan e-Government dalam dunia pendidikan adalah adanya aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik). Banyak manfaat dan keuntungan dari aplikasi Dapodik, salah satunya adalah program sinkronisasi pendataan Dapodik pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik untuk pemerataan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi program sinkronisasi pendataan dapodik dalam rangka pemerataan penyaluran dana BOS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yang saling berkesinambungan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dalam evaluasi program sinkronisasi pendataan Dapodik dalam rangka pemerataan penyaluran dana BOS di Kabupaten Gresik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum program sinkronisasi pendataan Dapodik sangat membantu dalam pengambilan kebijakan, namun masih ada kekurangan dalam program tersebut, seperti beberapa sekolah yang belum mendapat kode registrasi dan kecepatan koneksi internet di setiap wilayah di Kabupaten Gresik yang berbeda-beda sehingga proses sinkronisasi pendataan Dapodik terhambat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/693/051507441
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2015 12:13
Last Modified: 08 Oct 2015 12:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item