Inovasi Pelayanan Paket Perizinan Online Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Oktavia, BetariDanu (2015) Inovasi Pelayanan Paket Perizinan Online Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan yang berkualitas merupakan tujuan yang harus dicapai oleh setiap penyelenggara pelayanan publik. Untuk menciptakan pelayanan yang berkualitas, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo menciptakan sebuah inovasi pelayanan di bidang perizinan yaitu Pelayanan Paket Perizinan Online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis inovasi pelayanan paket perizinan online serta kualitas pelayanan yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer berasal dari wawancara kepada Kepala BPPT Kabupaten Sidoarjo, Sekretaris BPPT Kabupaten Sidoarjo, Staf Bidang Perencanaan dan Pelaporan, Staf Bidang Perizinan Tertentu dan masyarakat pengguna layanan. Sumber data sekunder berasal dari dokumen dan arsip yang meliputi Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 39 Tahun 2011 tentang Penerbitan Izin Satu Paket, Standar Pelayanan Publik BPPT Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan paket perizinan online yang dilaksankan oleh BPPT Kabupaten Sidoarjo sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dicapai. Pelayanan paket perizinan online ini terdiri dari Paket I yang meliputi izin Perubahan Status Tanah Sawah, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Gangguan (HO), Surat Izin Usaha Perdaganagan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Tanda Daftar Industri (TDI). Selanjutnya yaitu Paket II yang meliputi jenis izin Perubahan Status Tanah Sawah, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (HO). Inovasi ini hadir sebagai solusi terhadap permasalahan dalam pelayanan perizinan, serta tuntutan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang berkualitas. Kelebihan layanan ini dibandingkan layanan sebelumnya yaitu prosedur yang sederhana, persyaratan yang sederhana, kecepatan pelayanan dan biaya yang hemat. Dalam pengembangan inovasi terdapat faktor pendukung yaitu kepemimpinan inovasi, budaya inovasi, kualitas pegawai, tim kerja dan kemitraan, kinerja inovasi, serta jaringan inovasi. Ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya yaitu sikap dalam menghadapi resiko dan perubahan, serta aspek administratif. Namun dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan dengan adanya inovasi ini menunjukkan hasil yang cukup baik. Dibuktikan dengan adanya peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) setelah adanya inovasi pelayanan paket perizinan online. Saran yang direkomendasikan antara lain melakukan identifikasi sebab terjadinya trouble dalam aplikasi pelayanan paket perizinan online, serta menyediakan operator yang memang khusus ahli dalam Information & Communication Technology (ICT). Melakukan sosialisasi di tingkat kecamatan sampai ke desa atau kelurahan. Yang terakhir yaitu menyediakan contoh aturan pengisian yang benar dalam permohonan izin secara online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/688/051507436
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2015 10:56
Last Modified: 08 Oct 2015 10:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117770
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item