Pengaruh Kompensasi Langsung dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Hubungan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang)

ArlinaCandraPutri (2015) Pengaruh Kompensasi Langsung dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Hubungan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kompensasi Langsung dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Hubungan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Manusia merupakan penggerak utama dalam perusahaan dan karyawan adalah kekayaan utama perusahaan sehingga harus dijaga dengan baik. Untuk menjaga kualitas karyawan tersebut, perusahaan harus memberikan timbal balik yang sesuai agar karyawan merasa puas dan berdampak pada kinerja karyawan yang terus meningkat. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki strategi yang efektif dalam meningkatkan kepuasan dan kinerja karyawan, yaitu salah satunya dapat dicapai melalui pemberian kompensasi secara adil dan layak. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan bagian hubungan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 responden yang merupakan karyawan bagian hubungan pelanggan Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para responden dan data sekunder berasal dari laporan-laporan dan arsip literatur-literatur yang relevan. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur dan mengungkap data penelitian secara tepat. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan jalur (path). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kompensasi tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kompensasi langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kompensasi tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Hasil analisis dapat diketahui bahwa dengan pemberian kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung secara adil dan layak akan memberikan peningkatan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kompensasi ini akan memberikan keuntungan lebih terhadap karyawan maupun perusahaan. Kepuasan akan mendorong semangat kerja karyawan. Hal ini disebabkan oleh pemberian kompensasi merupakan sebuah penghargaan atas hasil kerja karyawan yang memuaskan. Hasil analisis mengatakan bahwa pemberian kompensasi yang adil dan layak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan dan kinerja karyawan. Oleh karena itu pemberian kompensasi berpengaruh positif terhadap hasil kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/671/051507419
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 08 Oct 2015 13:14
Last Modified: 08 Oct 2015 13:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117754
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item