Analisis Kinerja Keuangan Bank Konvensional dan Bank Syariah Dengan Menggunakan Pendekatan RGEC” (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia dan PT. BRI Syariah Periode 2011-2013),

Anggraini, Mentari (2015) Analisis Kinerja Keuangan Bank Konvensional dan Bank Syariah Dengan Menggunakan Pendekatan RGEC” (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia dan PT. BRI Syariah Periode 2011-2013),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dibutuhkan suatu kontrol internal bank terhadap kinerja keuangan secara berkala agar dapat dapat meminimalisir terhadap risiko-risiko yang mungkin akan terjadi. Berdasar Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 13/1/2011 mengenai penilaian tingkat kinerja bank umum dengan menggunakan metode RGEC. Variabel yang digunakan adalah Risk Profile meliputi NPL (Non Performing Loan) dan LDR (Loan to Deposit Ratio), Good Corporate Governance (GCG), Earnings Meliputi ROA (Return on Assets) dan NIM (Net Interest Margin), Capital yaitu rasio CAR (Capital Adequacy Ratio). Perusahaan yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. BRI Syariah periode 2011-2013. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja keuangan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. BRI Syariah dengan menggunakan pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital). Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah diskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Jl. MT. Haryono 165 Malang dengan obyek penelitian PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. BRI Syariah dengan menggunakan analisis RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital). Hasil penelitian menunjukkan tingkat efisiensi yang tinggi yang dilakukan oleh BRI pada rasio NPL, ROA, NIM dan CAR serta self assesment GCG dibandingkan BRIS tentunya dilatar belakangi oleh BRI yang telah berdiri selama 120 tahun serta pengalaman bank konvensional di dalam dunia perbankan Indonesia serta produk-produk BRI yang sudah lebih lengkap dibandingkan dengan BRIS. BRIS unggul pada rasio LDR/FDR dibandingkan BRI. Hal ini dapat dimengerti jika BRIS memiliki tingkat efisiensi lebih rendah dibanding dengan BRI, karena perbankan syariah merupakan instrumen keuangan baru dipasar keuangan Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/663/051507386
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Oct 2015 09:01
Last Modified: 13 Oct 2015 09:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117745
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item