Analisis Break Even Point Sebagai Salah Satu Alat Perencanaan Penjualan (Studi Pada Ud. Karya Pala Kediri)

Hasbullah, Rizal (2015) Analisis Break Even Point Sebagai Salah Satu Alat Perencanaan Penjualan (Studi Pada Ud. Karya Pala Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis break even point adalah suatu alat atau teknik yang digunakan oleh manajemen untuk mengetahui tingkat penjualan tertentu perusahaan sehingga tidak mengalami laba dan tidak pula mengalami kerugian. Dengan menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maka akan mendapatkan biaya tetap dan biaya variabel perusahaan yang menjadi dasar untuk menghitung titik impas perusahaan. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan agar perusahaan dapat mengetahui hasil penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kepada perusahaan agar dapat merencanakan penjualan dengan tepat. Dalam melakukan perencanaan penjualan tentu harus diketahui terlebih dahulu titik impasnya, maka penerapan analisis break even point dapat digunakan untuk merencanakan perencanaan penjualan. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif. Hasil analisis yang dilakukan di perusahaan UD. Karya Pala pada tahun 2014 dapat diketahui Pemisahaan terhadap biaya semivariabel kedalam biaya tetap dapat diketahui biaya tetap sebesar Rp. 161.495.097 dan biaya variabel sebesar Rp. 3.620.042.921 dengan rasio kontribusi margin sebesar 21,61%, sedangkan BEP dalam rupiah dalam penjualan tahun 2014 adalah sebesar Rp. 747.164.338 atau pada tingkat penjualan 21.348 ikat. Perhitungan MoS dan DoL didapatkan MoS sebesar 83,8% dan DoL sebesar 1,379. Perusahaan menginginkan kenaikan laba sebesar 20% maka penjualan yang harus dia capai adalah sebesar 136.204 ikat. Berdasarkan hasil analisis, analisis break event point dapat menjadi salah satu alat yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk menerapkannya dalam perusahaan. Kata Kunci: Break Event Point, Penjualan, Biaya,

English Abstract

A break even points is an instrument or techniques used by the management to know the sale of specific companies that had not yet no profit and losses. With counting all the costs by the company then will get fixed costs and costs of variable companies that become the basis for calculating the break-even point company .It is very useful for the company to company can know the results of sales to be attainable so that companies did not suffer losses of. The purpose of this research is to give a description to a company in order to plan sales by exactly.In the conduct of sales planning certainly must be known in advance impasnya, point hence the application of the analysis break even point can be used to plan planning a sale. Research that is done is the kind of research descriptive. The results of the analysis conducted in the company UD. Karya Pala in 2014 can be known about the cost of separation semivariabel into a fixed charge it can be seen the cost of fixed amount Rp. 161.495.091 and the cost of a variable Rp. 3.620.042.921 by a ratio of the contribution of the margin of as much as 21,61%, while BEP in the rupiah in the sale of 2014 is as much as Rp. 747.164.338 or at the level of sales 21.348 connective. Calkulation MoS and DoL get MoS of 83,8% and DoL of 1,379. The company wants to increase profit by 20% hence the sale of all she had to achieve them is as much as 136.204 connective. Based on the analysis , the analysis of the break point can be one of the instrument can be considered by the company to apply it in the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/641/ 051507364
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Oct 2015 11:30
Last Modified: 12 Oct 2015 11:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117719
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item