Analisis Prosedur Pemberian Kredit Modal Kerja Dalam Usaha Mengantisipasi Kredit Bermasalah

Yunitasari, Ira and Dra. M.G. Wi Endang, N.P, M.Si. and Drs. Dwi Atmanto, M.Si, (2015) Analisis Prosedur Pemberian Kredit Modal Kerja Dalam Usaha Mengantisipasi Kredit Bermasalah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbankan memiliki peran penting dalam memajukan suatu negara. Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menerima simpanan giro, deposito, dan tabungan. Bank juga dikenal sebagai tempat meminjam uang (kredit) untuk masyarakat yang membutuhkan. Salah satu jenis kredit yang disalurkan adalah kredit modal kerja. Kredit modal kerja diberikan karena pada saat ini dunia usaha berkembang sangat signifikan, dan dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya perusahaan selalu membutuhkan modal. Oleh karena itu PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jombang memberikan pelayanan berupa kredit modal kerja. Penyaluran kredit modal kerja dapat bermasalah, kredit bermasalah dapat diketahui dengan menghitung rasio NPL. Rasio NPL dapat naik dan turun. Untuk mengantisipasi kredit bermasalah tersebut maka dilakukannya analisis prosedur pemberian krdit modal kerja dan pengawasan kredit sebagai usaha mengantisipasi kredit bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang prosedur pemberian kredit modal kerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jombang, serta mengetahui cara mengantisipasi kredit bermasalah kredit modal kerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jombang melalui pengawasan kredit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jombang yang bertempat di Jalan KH.Wahid Hasyim No. 116 Jombang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jombang dapat diketahui bahwa prosedur pemberian kredit modal kerja sudah berjalan cukup baik, namun masih ditemukan adanya ketidaksesuaian. Hal ini dapat dilihat dari wawancara yang hanya dilakukan satu kali. Pengawasan kredit yang dilakukan sebagai usaha mengantisipasi kredit bermasalah sudah dilakukan cukup baik, pengawasan secara preventif dan represif namun masih ditemukan kelemahan. Hal ini dapat dilihat dari belum dilakukannya pemantauan debitur dan restructuring. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan beberapa saran yang dapat dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jombang yaitu dengan melakukan wawancara ke II, pemantauan debitur, dan restructuring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/638/051507361
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Oct 2015 14:27
Last Modified: 02 Aug 2022 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117715
[thumbnail of IRA YUNITASARI.pdf] Text
IRA YUNITASARI.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item