Upaya Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Prestasi Olah Raga (Studi Terhadap Peningkatan Prestasi Pencak Silat di Pemerintah Kota Madiun)

Putra, YannaPrasetyaPerdhana (2015) Upaya Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Prestasi Olah Raga (Studi Terhadap Peningkatan Prestasi Pencak Silat di Pemerintah Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Republik Indonesia terdiri dari etnis yang beragam, salah satu seni budaya dari Indonesia adalah seni bela diri. Seni bela diri adalah salah satu seni pertahanan diri dari Indonesia dan hasil warisan budaya diturunkan oleh leluhur dari zaman kuno hingga saat ini dan salah satu dari mereka berkembang di kota Madiun. Seni bela diri tidak hanya digolongkan sebagai seni budaya tetapi termasuk dalam olahraga yang dapat menghasilkan prestasi. Studi ini didasarkan pada pencapaian maksimal seni bela diri Madiun City di Campung. Oleh karena itu, kita membutuhkan upaya pemerintah untuk meningkatkan pelatihan olahraga untuk kinerja seni bela diri yang lebih baik di Kota Madiun, jadi ini adalah kewajiban pemerintah untuk menciptakan kebijakan dalam pelaksanaan program seni bela diri pembangunan. Jenis-jenis program adalah program pengembangan kebijakan olahraga, pengembangan dan popularitas program olahraga, dan program untuk meningkatkan fasilitas olahraga dan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam meningkatkan pencapaian seni bela diri di Kota Madiun, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat upaya pemerintah untuk meningkatkan pencapaian seni bela diri. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metod analitis mil Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan olahraga dari pemerintah belum digemari karena pencapaian belum memenuhi target. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi program pengembangan kebijakan olahraga, pengembangan dan popularisasi program olahraga, dan program untuk meningkatkan fasilitas olahraga dan infrastruktur telah berjalan namun, implementasinya tidak sesuai dengan program. Saran penelitian ini adalah pemerintah perlu mengoptimalkan layanan terutama pada seni bela diri pelatihan olahraga. Selain itu, pemerintah juga perlu mengadakan evaluasi program pelatihan olahraga mulai dari pelatihan olahraga berkelanjutan, penyediaan kesenangan dan fasilitas untuk pelatihan, karena evaluasi penting dalam pelaksanaan kebijakan.

English Abstract

The Republic of Indonesia consists of diverse ethnic, one of the cultural arts from Indonesia is the Martial arts. Martial arts is the one of the self-defense arts from Indonesia and results of the cultural heritage passed down by ancestors from ancient times to the present and one of them developing in Madiun City. Martial arts is not only classed as a cultural art but included in sports that can produce achievement. The study was based on not maximal achievement of martial arts Madiun City in the campionship. Therefore, we need a government effort to improving sports coaching in order to better martial arts performance in Madiun City, so this is a government obligation to creating policies in the implementation of development martial arts programs. The kinds of programs are Policy Development Program of Sports, Development and Popularization of Sports Program, and The Program to Improve Sports Facilities and Infrastructure. The research aims to know the efforts made by local governments in improving the achievement of martial arts in Madiun City, and to knowing what factors supporting and hindering the government’s efforts to improve the achievement of martial arts. This study used a descriptive study with a qualitative approach and using analytical metods of Miles Huberman. Based on the results of the study indicate that sports coaching program from the government has not secceeded because the achievement has not meet a target. Based on the research results, implementation of the policy development program of sports, development and popularization of sports program, and the program to improve sports facilities and infrastructure has been running however, its implementation is not accordance with the program. Suggestions of this research is the government needs to optimize the service especially in sports coaching martial arts. In addition, the government also need to hold a sports coaching program evaluation starting from sustainable sports coaching, provision of funs and facilities for training, because the evaluation is important in the implementation of policies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/63/ 051501828
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Mar 2015 13:58
Last Modified: 12 Mar 2015 13:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117706
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item