Pengaruh Pilihan Program Studi pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Prancis Mahasiswa

Jeni, Eka Novianti (2017) Pengaruh Pilihan Program Studi pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Prancis Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seseorang untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dalam kehidupan. Dalam pendidikan, minat dan bakat adalah hal utama yang harus ada dalam diri seseorang agar proses pembelajaran dapat maksimal. Universitas merupakan jenjang tertinggi dalam pendidikan di mana seseorang mengembangkan minat dan bakatnya. Jalur seleksi masuk perguruan tinggi yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Pilihan program studi pada seleksi masuk perguruan tinggi menggambarkan tingkat motivasi yang dapat mempengaruhi hasil pembelajaran sehingga hasil pembelajaran dapat beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah pilihan tujuan program studi pada saat seleksi masuk perguruan tinggi mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dan (2) Adakah faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa selain pilihan tujuan program studi tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil sampel 20 orang mahasiswa semester 6 Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya Tahun Ajaran 2015/2016 dengan pertimbangan bahwa mahasiswa semester 6 merupakan pembelajar bahasa Prancis tahun terakhir yang mempelajari bahasa Prancis secara menyeluruh. Sumber data dalam penelitian ini adalah nilai mata kuliah Bahasa Prancis Mahir dan hasil Kuesioner Attitude/Motivation Test Battery. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencarian data nilai kuliah Bahasa Prancis Mahir di Bagian Akademik FIB UB dan wawancara terhadap sampel penelitian. Teknik analisi data dilakukan dengan cara membandingkan dan menganalisis data-data yang sudah terkumpul. Hasil penelitian ini adalah habwa pilihan program studi berpengaruh terhadap hasil pembelajaran bahasa Prancis mahasiswa. Penelitian ini berhasil mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran, yaitu: (a) faktor motivasi, (b) faktor usia, (c) faktor penyajian formal, (d) faktor bahasa pertama, (d) faktor lingkungan. Saran untuk calon mahasiswa adalah memilih program studi yang berkaitan dengan bahasa asing secara matang dan yakin agar lebih termotivasi dalam proses pembelajaran. Saran untuk pengajar adalah membuat metode pembelajaran yang variatif agar mahasiswa tidak bosan dan dapat meningkatkan minat terhadap materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/428/051706020
Uncontrolled Keywords: pengaruh, pilihan program studi, seleksi masuk perguruan tinggi, hasil pembelajaran bahasa Prancis.
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.1 Organization and activities in higher education > 378.19 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students, curricula
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:37
Last Modified: 11 Nov 2020 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1177
[thumbnail of Eka Novianti Jeni.pdf]
Preview
Text
Eka Novianti Jeni.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item