Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah dan Cadangan Devisa terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia (Studi Pada Bank Indonesia Periode 2006-2014)

AmidaTriSeptifany (2015) Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah dan Cadangan Devisa terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia (Studi Pada Bank Indonesia Periode 2006-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penanaman modal asing maupun domestik merupakan langkah awal kegiatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Namun pada kenyataannya Indonesia masih mengalami kesulitan dalam hal menyediakan modal yang cukup untuk melaksanakan pembangunan ekonomi. Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan pinjaman luar negeri saja untuk mendapatkan modal yang cukup. Keadaan tersebut mendorong negara berkembang seperti Indonesia untuk mencari alternatif lain selain bantuan pinjaman luar negeri dengan menggalakkan penanaman modal khususnya Penanaman Modal Asing (PMA). Sebelum melaksanakan kegiatan penanaman modal asing, investor harus memperhatikan beberapa faktor seperti kondisi ekonomi makro di masa yang akan datang seperti inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah serta cadangan devisa suatu negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh variabel makro ekonomi tersebut terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan data yang diterbitkan oleh Bank Indonesia tentang inflasi, tingkat suku bunga SBI, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar, dan nilai PMA di Indonesia. Penentuan sampel berdasarkan data time series triwulan periode Januari 2006 – Desember 2014, yaitu sebanyak 36 sampel. Data yang digunakan diperoleh dari website resmi Bank Indonesia (www.bi.go.id). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,791 yang artinya variabel bebas inflasi, tingkat suku bunga SBI, nilai tukar Rupiah dan cadangan devisa mempengaruhi PMA langsung yang masuk ke Indonesia sebesar 79,1% sedangkan sisanya 20,9% PMA dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji simultan (Uji F), menunjukkan bahwa inflasi, suku bunga SBI, nilai tukar rupiah dan cadangan devisa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap PMA di Indonesia. Sedangkan hasil uji parsial (uji t), menunjukkan bahwa inflasi, suku bunga SBI, nilai tukar rupiah dan cadangan devisa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada pemerintah untuk menjaga tingkat inflasi, menetapkan suku bunga yang kompetitif, menjaga kestabilan Rupiah, serta meningkatkan jumlah ekspor negara dalam rangka meningkatkan cadangan devisa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/602/051507348
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 12 Oct 2015 15:24
Last Modified: 12 Oct 2015 15:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117675
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item