Inovasi Pengembangan Sektor Pariwisata (Studi Tentang Program Inovatif Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi)

Pramita, FitriaAyu (2015) Inovasi Pengembangan Sektor Pariwisata (Studi Tentang Program Inovatif Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan adanya otonomi daerah, Pemerintah Daerah dituntut untuk mengurus daerahnya sendiri menjali lebih baik dan mengembangkan segala potensi yang ada pada daerahnya. Tidak terkecuali dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi yang berusaha untuk mengembangkan potensi pariwisata. Salah satu bentuk pengembangan pariwisata yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi adalah dengan menciptakan program inovasi Banyuwangi Festival melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Sebagai kabupaten yang memiliki potensi wisata yang beragam, Kabupaten Banyuwangi mempunyai kesempatan untuk dijadikan sebagai salah satu arus kunjungan wisata sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program inovasi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dalam pengembangan sektor pariwisata dan pengaruhnya pada peningkatan jumlah wisatawan. Berdasarkan dengan penelitian yang sudah dilakukan, program inovasi yang dilaksanakan dapat dikatakan program yang inovatif karena sesuai dengan ciri-ciri inovasi salah satunya adalah program tersbut berkelanjutan. Peningkatan jumlah wisatawan juga meningkat dengan adanya program inovasi Banyuwangi Festival namun pada jumlah wisatawan mancanegara peningkatan yang terjadi tidak terlalu signifikan seperti peningkatan jumlah wisatawan nusantara. Penghambat dan pendukung tentu saja terjadi dalam pelaksanaan program inovasi tersebut. Faktor yang mendukung dalam program tersebut adalah dukungan dari SKPD lain untuk ikut serta melaksanakan pengembangan pariwisata dan peran aktif dari stakeholder. Faktor yang menghambat salah satunya adalah pada promosi yang kurang dalam pendanaannya. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah memperbaiki cara promosi agar program Banyuwangi Festival dapat diketahui tidak hanya wisatawan nusantara saja tetapi diketahui juga oleh wisatawan mancanegara. Selain itu pemerintah daerah diharapkan membantu jalannya promosi agar tujuan program dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

English Abstract

With regional autonomy era, local government is required to take care of their own region to be better and develop all their potential. The Local Government of Banyuwangi also try to develop their potential, especially in tourism. The Local Government of Banyuwangi is trying to create an innovation program, the innovation program is Banyuwangi Festival program through the Department of Culture and Tourism Banyuwangi. As a region that has a lot of potential, Banyuwangi have the opportunity to serve as one of the tourist traffic. This study aims to determine how the innovation program are made by the Department of Culture and Tourism of Banyuwangi in the development of the tourism sector influence on the increase in the number of tourists. Based on the research, the innovation program implemented are innovative, beside the characteristics of innovation one of which is sustainable program. The increase in the number of tourists also increased with the innovation program Banyuwangi Festival but the increase in number of foreign tourists who happened not too significant as an increasing number of tourists. Inhibitors and supporters of course occur in the implementation of the innovation program. The factors that support the program is the support of other SKPD to participate to develop tourism sector and active participation of stakeholders. Factors that inhibit one of which is the promotion lacking in funding. Suggestions are given in this research are to improve the way that the promotion of Banyuwangi Festival program can be seen not only domestic tourists but also by foreign tourists in mind. In addition, local governments are expected to help the course of the promotion that program objectives can be accomplished in accordance with expectations

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/58/ 051501823
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Mar 2015 14:34
Last Modified: 12 Mar 2015 14:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117648
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item