Pengaruh Layanan Sirkulasi Terhadap Minat Kunjung Mahasiswa Pada Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang (Survei pada Mahasiswa S-1 Universitas Muhammadiyah Malang)

SabrinaAyuPrimasti (2015) Pengaruh Layanan Sirkulasi Terhadap Minat Kunjung Mahasiswa Pada Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang (Survei pada Mahasiswa S-1 Universitas Muhammadiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh data jumlah kunjungan pada tahun 2014 sebesar 146.690 termasuk didalamnya kunjungan mahasiswa, dosen, staf dan tamu. Sehingga dalam sehari jumlah pengunjung Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang sekitar 463 pengunjung. Jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 2014 sebanyak 27.909 mahasiswa, maka hanya sekitar 1,6% mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. Perpustakaan tersebut menerapkan layanan sirkulasi yang berbeda dengan perpustakaan perguruan tinggi yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan sirkulasi yang diterapkan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang mempengaruhi minat kunjung mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa S-1 Universitas Muhammadiyah Malang yang. Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Untuk menentukan besarnya jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat ketelitian 10% sehingga didapat jumlah responden sebanyak 100 responden. Penelitian ini terlebih dahulu diuji menggunakan persyaratan analisis yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara layanan sirkulasi terhadap minat kunjung pemustaka pada Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata dari kedua variabel diperoleh nilai layanan sirkulasi sebesar 3.93 dan nilai minat kunjung pengguna sebesar 4.21. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan minat kunjungan layanan sirkulasi berpengaruh positif terhadap minat kunjung. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diketahui bahwa layanan sirkulasi berpengaruh terhadap minat kunjungan sebesar 11,8% dan sisanya 88,2% di pengaruhi variabel lain. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan sirkulasi Universitas Muhammadiyah Malang sudah baik. Kontribusi layanan sirkulasi terhadap minat kunjungan tergolong rendah. Minat kunjungan di pengaruhi faktor selain layanan sirkulasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/546/051507292
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Oct 2015 14:46
Last Modified: 06 Mar 2023 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117612
[thumbnail of SABRINA AYU PRIMASTI.pdf] Text
SABRINA AYU PRIMASTI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item