Evaluasi Dampak Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Sampah melalui Program Bank Sampah (Studi pada Bank Sampah Sumber Rejeki Kecamatan Mojoroto Kota Kediri).

Saputri, MerlyMutiara (2015) Evaluasi Dampak Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Sampah melalui Program Bank Sampah (Studi pada Bank Sampah Sumber Rejeki Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri untuk mengajak masyarakat agar mau melakukan pengelolaan sampah secara mandiri melalui program Bank Sampah. Penelitian ini didasarkan pada mindset masyarakat saat ini yang menganggap bahwa sampah merupakan sesuatu yang sudah tidak bermanfaat dan tidak dapat digunakan kembali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri (DKP) dalam meningkatkan pengelolaan sampah melalui program bank sampah; (2) Bagaimana evaluasi dampak kebijakan pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah melalui program bank di Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan teori tentang Pemerintah Daerah, Kebijakan Publik, Pengelolaan Sampah dan Bank Sampah. Analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Bank Sampah yang dilaksanakan di Kota Kediri berhasil. Dampak positif sangat dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan sekitar. Masyarakat yang menjadi nasabah Bank Sampah sangat merasakan manfaat setelah adanya program Bank Sampah, mereka lebih memahami cara dalam pengelolaan sampah secara mandiri, salah satunya yaitu mengolah kembali (daur ulang) sampah anorganik yang masih dalam keadaan baik serta mendapatkan kenyaman dari lingkungan yang bersih karena sampah yang biasanya berserakan sudah ditabung di Bank Sampah. Upaya yang dilakukan DKP Kota Kediri guna mendukung program Bank Sampah adalah memberikan sarana dan prasarana serta meningkatkan SDM pegawai DKP Kota Kediri. Upaya ini bertujuan untuk menunjang berlangsungnya program Bank Sampah dengan sarana dan prasarana yang cukup serta peran pegawai DKP Kota Kediri untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki kepada pengurus serta nasabah Bank Sampah. Sampah yang dapat diberikan adalah (1) Perlu dibentuk organisasi kelompok pengelola sampah tingkat RT/RW, (2) Adanya kerjasama dengan pihak swasta misalnya saja mengenai pelayanan pengepulan sampah, pemasaran hasil daur ulang sampah dll, (3) Perlu diadakan sebuah asosiasi atau perkumpulan, untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan saling membantu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/532/051507277
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2015 15:48
Last Modified: 08 Oct 2015 15:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117600
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item