Upaya Promosi Obyek Pariwisata Melalui Penerapan Electronic Government.

Risdyamurti, Arumita (2015) Upaya Promosi Obyek Pariwisata Melalui Penerapan Electronic Government. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi strategis. Kabupaten Kediri merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Kediri memiliki banyak sekali potensi daerah yang bagus dan layak untuk dikembangkan khususnya di sektor pariwisata. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya adalah dengan menerapkan electronic government. Hal ini dilatarbelakangi perkembangan zaman dan teknologi yang semakin modern. Program untuk promosi pariwiata salah satunya adalah website parwisata. Kemudian untuk memperkaya informasi maka dibuat juga aplikasi android dan media sosial yang bisa mendukung upaya promosi tersebut. Dalam upaya promosi pariwisata, setidaknya masyarakat dan pihak swasta juga dilibatkan karena sangat berpengaruh terhadap kesuksesan viii program tersebut. Dalam upaya promosi pariwisata tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung internal yaitu pemanfaatan TI di instansi pemerintah, serta efisien dan efektif. Pendukung eksternal yaitu perkembangan teknologi. Sedangkan faktor penghambat internal adalah SDM yang menguasai teknologi, dan minimnya sarana prasarana. Penghambat eksternal yaitu keterlibatan pihak swasta, dan antusiasme mayarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mndeskripsikan upaya promosi obyek pariwisata melalui penerapan electronic government yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, serta mendeskripsikan masalah atau kendala yang dihadapi, permasalahan dianalisis berdasarkan permasalahan internal dan permasalahan eksternal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informasn yang terkait dengan penelitian adalah para pegawai di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, serta para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman (1984) yang terdiri dari proses pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta verifikasi data (conclusion drawing). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri dalam mempromosikan pariwisata sudah cukup efektif. Ini dapat dilihat berdasarkan angket yang disebar oleh peneliti, bahwa 7 dari 10 wisatawan sebelum datang berkunjung ke lokasi obyek wisata selalu mencari informasi mengenai obyek wisata yang akan dikunjungi melalui media teknologi informasi atau internet.Isi dari program-program untuk promosi pariwisata yang dibuat oleh Dinas juga bagus, didalamnya terdapat foto-foto obyek pariwisata yang menarik, berita tentang pariwisata Kabupaten Kediri yang selalu di update atau diperbarui, dan video-video terkait pariwisata yang menarik. Pada dasarnya upaya promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri bertujuan agar obyek pariwisata daerah tersebut bisa dikenal oleh mayarakat luas, bukan hanya masyarakat Kediri. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui banyaknya peluang kerja yang nantinya diciptakan. Untuk itu dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat terkait upaya dan program yang dibuat oleh Pemerintah Daerah supaya masyarakat dan pihak swasta juga bisa ikut bekerja agar program yang telah disusun dapat berjalan secara optimal.

English Abstract

Tourism is one of strategic economic sectors in Indonesia. Kediri Regency is a part of Indonesia Republic regions in East Java Province. Kediri Regency has various local potentials that can be developed for benefits, including tourism sector. Culture and Tourism Official of Kediri Regency attempts to promote tourism sector by utilizing electronic government. The background of this usage is the maturity of the age and the advance of modern technology. A program for tourism promotion is tourism website. Information of tourism is enriched with the application of android and social media which actually support the promotion of tourism. By the presence of tourism promotion, both community and private are involved because both are very influential to the success of the program. The factors constraining Culture and Tourism Official of Kediri Regency are internal and external barriers. Internal barriers are lower human resource to master thex technology and lack of structure and infrastructure. External barrier is lower participation of the private and lack of community enthusiasm. The objective of research is to describe the promotion of tourism object through the application of electronic government done by Culture and Tourism Official of Kediri Regency and to illustrate the problems or barriers constraining this activity. Problems are analyzed based on internal and external issues. Research uses descriptive method with qualitative approach. Informants of this research are the employees of Culture and Tourism Official of Kediri Regency and the tourists who visit tourism object. Data collection method includes observation, interview and documentation. Data analysis is Miles and Huberman’s interactive model (1984) which comprises of data collection, data reduction, data display and data verification (conclusion). Result of research indicates that what has been attempted by Culture and Tourism Official of Kediri Regency to promote tourism is quite effective. Based on the questionnaire, it is shown that 7 of 10 tourists are always, before visiting the location of tourism object, looking for information about tourism object which may be visited through information technology media or internet. The content of the programs of tourism promotion is also attractive with the photographs of tourism object, the news of tourism in Kediri Regency with necessary update or renewal, videos and others. Basically, tourism promotion done by Culture and Tourism Official of Kediri Regency is aimed for wide acknowledgment by insider or outsider of Kediri to the local tourism objects. Other purpose is to increase community welfare by providing work opportunity. Socialization toward the community in relative with the effort and program made by Local Government is conducted to ensure that community and private are also involved within the program and also to ascertain that the program will be optimal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/528/051507273
Uncontrolled Keywords: pembangunan, pariwisata, electronic government
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2015 09:33
Last Modified: 03 Dec 2021 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117595
[thumbnail of skripsi Arumita.pdf]
Preview
Text
skripsi Arumita.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item