Evaluasi Usability Pada Aplikasi Uber Menggunakan Pengujian Usability

Alfiqie, Muhammad Yosa (2018) Evaluasi Usability Pada Aplikasi Uber Menggunakan Pengujian Usability. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT UBER Indonesia Technology adalah salah satu perusahaan penyedia layanan ojek online di Indonesia. Saat ini UBER telah mencapai jumlah unduhan sebanyak 100 juta kali. Meskipun aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali, masih terdapat beberapa pengguna yang memiliki keluhan terhadap aplikasi tersebut yang mengatakan bahwa GPS masih tidak sesuai dengan lokasi pengguna, lalu pengguna yang kesulitan memilih metode pembayaran, dan terdapat pengguna yang sudah membayar namun tidak tercatat pada aplikasi. Dari beberapa umpan balik tersebut maka diperlukan identifikasi lebih jauh mengenai permasalahan usability yang terdapat pada aplikasi UBER, serta pengukuran sejauh mana tingkat usability yang terdiri dari tingkat kemudahan, tingkat kecepatan, tingkat kesalahan, dan tingkat kepuasan. Pengukuran tersebut dapat diketahui dengan cara melakukan evaluasi pada aplikasi UBER. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi tersebut dipengaruhi oleh usability yang ada. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tingkat usability dengan menggunakan metode pengujian usability. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan evaluasi menunjukkan permasalahan usability yang terdapat pada aplikasi UBER antara lain seperti peta pada aplikasi yang kurang akurat, peserta merasa bingung dengan tampilan awal aplikasi yang langsung menampilkan peta, peserta merasa kebingungan saat harus menemukan pengemudi yang dimaksud, dan terdapat kebingungan karena aplikasi menggunakan bahasa Inggris. Selain itu hasil dari perhitungan tingkat usability yang terdiri dari tingkat kemudahan pengguna dalam menyelesaikan tugas adalah 100% yang berarti seluruh peserta berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan, tingkat kecepatan yang dibutuhkan pengguna dalam mencari informasi yang diperlukan adalah sebesar 0,01 goals/sec yang menunjukkan bahwa pengguna dapat menyelesaikan 0,01 tugas setiap detiknya dari total keseluruhan waktu yang digunakan oleh semua peserta yaitu 521 detik, tingkat kesalahan yang dilakukan oleh peserta sebesar 0,13 yang menunjukkan bahwa dari seluruh pengguna hanya melakukan 4 kesalahan dari kemungkinan 30 kesalahan yang dapat terjadi dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 40%-50% yang menunjukkan aplikasi UBER mendapatkan nilai C yang berarti aplikasi UBER sudah cukup baik, akan tetapi masih dapat diperbaiki kembali.

English Abstract

PT. UBER Indonesia Technology (UBER) is one of the companies that provide ojek online services in Indonesia with their application called UBER. UBER has grown rapidly so that more users are using their application with total download reached 100 million downloads. Although it has been downloaded for more than 100 million times, there are still some users who have a complain about the app, they stated that the GPS is not showing the user’s location, then some of them confused how to choose the payment method, and there are even some of them who already paid but not written in the application. From this feedback, it is necessary to identify further what are the problems exist in UBER application, and using usability level measurement to find out the extent of ease, rate of speed, error rate, and level of satisfaction. These measurements can be determined by conducting an evaluation. Ease of access to a mobile applications is influenced by its usability. This study provides evaluation results to determine the usability problems and levels by using the usability testing method. The result that we get after the evaluation shows the usability problems that exist in UBER application, such as the maps in the application is less accurate, users are confused with the start screen because its lead straight to the maps, users are confused which one is their driver, and there are confusions because the application are using English. In addition, the usability level results that consists of the level of ease of the users in completing the task given is 100%, indicating that all users successfully complete the given task, the level of speed needed by users when finding the necessary information is 0.01 goals/sec, this means that the user can complete the task by 0.01 per second based on the total time spent by all users is 521 seconds, the user’s error rate is 0,13 indicating that the users only did 4 errors out of 30 possible errors that can happens, and the level of the user satisfaction is between 40%-50% indicating that UBER application get the C mark, which means that UBER application is doing OK, but could still improve.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/123/051801110
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Mobile, UBER, Usability, Pengujian Usability
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.019 Psychological principles
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Jul 2018 01:30
Last Modified: 26 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11758
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (422kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item