Muthi`ah (2014) Perwujudan Good Corporate Governance (GCG) di BUMN Melalui Strategi Kemitraan (Studi di PT. PLN (Persero) Rayon Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kerjasama pemerintah dan swasta awal mulanya adalah untuk mengantisipasi pengadaan barang/jasa publik. Konsep "contract operations", dimana pemerintah tetap mengendalikan badan usahanya dan meminta suatu kontraktor untuk memberikan jasa manajemen atau jasa-jasa lainnya selama periode tertentu. Kontraktor dibayar langsung oleh pemerintah atas jasa-jasa yang diberikannya, yang meliputi berbagi bidang yang luas, mulai dari pekerjaan konstruksi sipil, jasa konsultasi sampai manajemen. Setiap BUMN dituntut untuk menerapkan Good Corporate Governance. Salah satu strategi untuk mewujudkan GCG adlah dengan kemitraan. Salah satu perusahaan yang menerapkan strategi tersebut adalah PT. PLN (Persero) Rayon Malang Kota. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di lakukan di PT. PLN (Persero) Rayon Malang Kota. Sumber data diperoleh dari informan yang merupakan mitra kerja PT. PLN Rayon Malang Kota berupa wawancara, observasi, maupun dokumentasi dari berbagai sumber. Analisis data didasarkan pada analisis interaktif oleh Miles dan Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. PLN (Persero) Rayon Malang kota telah menerapkan GCG dengan cukup baik, pertama, penerapan prinsip transparency Terkait hal itu alur kerjasama dengan perusahaan lain yakni PT. Borobudur Medecon tetap terjaga berdasarkan sistem perjanjian kontrak kerjasama antar kedua perusahaan. Penerapan prinsip responsibility, perjanjian kerjasama antara PT. PLN Rayon Malang Kota dengan PT. Borobudur Medecon telah sesuai dengan aspek hukum yang berlaku. Penerapan prinsip independency telah memberikan pengaruh sinergitas antara PT. PLN Rayon malang Kota dengan PT. Borobudur Medecon baik itu dalam kemitraan maupun kerjasama, memerlukan sinergitas yang baik terutama dalam proses pengambilan kebijakan atau keputusan demi mewujudkan GCG. Penerapan prinsip fairness telah terwujud dalam pelaksanaan pelayanan teknik dalam mewujudkan prinsip GCG ini, berhubungan dengan keselamatan pekerja dalam mengerjakan bidang pekerjaan masing-masing. Oleh karenanya semua yang dikerjakan harus sesuai dengan SOP (Standar Operation Procedure) yang berlaku.Faktor pendukung dari perwujudan GCG di PT. PLN Rayon Malang Kota adalah kesesuaian target dengan kinerja, adanya Service Local Agreement (SLA), jaminan dengan kontrak kerjasama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, kedala teknis yang meliputi responsivitas dalam mengambul keputusan, sanksi dalam kontrak kerja sama, sarana dan peralatan pelayanan teknis. Selanjutnya kendala non teknis diantaranya pemeliharaan jaringan kelistrikan, penyediaan sarana dan prasarana pekerjaan lapangan, dan menangani keluhan dan permasalahan di masyarakat.
English Abstract
Public-private partnerships are beginning to anticipate the procurement of public goods/services. The concept of "contract operations", where the government still controls the business entity and ask a contractor to provide management services or other services for a certain period. Contractors are paid directly by the government for services rendered, which includes sharing a broad field, ranging from civil construction work, consulting services to management. Each SOE is required to implement good corporate governance. One strategy to realize the GCG round by the partnership. One of the companies that implement these strategies is PT. PLN (Persero) Rayon Malang . This research uses descriptive qualitative approach. The research was conducted at PT. PLN (Persero) Rayon Malang. Sources of data obtained from informants who are partners of PT. PLN Rayon Malang through interviews, observation, and documentation from various sources. Data analysis was based on interactive analysis by Miles and Hubberman. The results of this study indicate that the PT. PLN (Persero) Rayon Malang has implemented GCG quite well, first, the application of the principle of transparency. Related to the flow of cooperation with other companies, PT. Borobudur Medecon maintained by the system partnership agreements between the two companies. Application of the principle of responsibility an agreement between PT. PLN Rayon Malang with PT. Borobudur Medecon accordance with prevailing legislation. Application of the principle of independency has synergy effect between PT. PLN Rayon Malang with PT. Borobudur Medecon both in partnership and cooperation, requires a good synergy, especially in policy or decision-making process in order to realize the GCG. Application of the principle of fairness has been manifested in the implementation of engineering services in realizing this GCG principle, related to the safety of workers in the field doing their respective jobs. Therefore, all that must be done in accordance with SOP (Standard Operating Procedure). Supporting factor of embodiment GCG in PT. PLN Rayon Malang is conformity with performance targets, the presence of the Local Service Agreement (SLA) guarantee with the contract. While inhibiting factor ie, technical constraint which includes responsiveness to make decision, sanctions in the contract of cooperation, facilities and equipment technical services. Furthermore, non-technical constraints include the maintenance of the electrical network, the provision of facilities and infrastructure of field work, and dealing with complaints and problems in society.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/5/051500552 |
Uncontrolled Keywords: | Kemitraan, GCG (Good Corporate Governance), BUMN (Badan Usaha Milik Negara); Partnership, GCG (Good Corporate Governance), SOE (State Owned Enterprises) |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.2 Organization of administration > 352.26 Special kinds of agencies > 352.266 Government corporations (Public enterprises) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 29 Jan 2015 14:38 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 16:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117563 |
Preview |
Text
SKRIPSI_MUTHIAH.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |