Implementasi Rencana Strategis Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Hutan Mangrove Untuk Mewujudkan Sustainable Development (Studi di Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan).

Sari, PurriAstrianata (2015) Implementasi Rencana Strategis Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Hutan Mangrove Untuk Mewujudkan Sustainable Development (Studi di Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian skripsi ini, penulis mengambil judul “Implementasi Rencana Strategis Pemerintah Daerah Dalam Pelestarian Hutan Mangrove Untuk Mewujudkan Sustainable Development (Studi di Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan)”. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati terbesar pada wilayah pesisir dan lautnya. Salah satu keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia terdapat pada ekosistem hutan mangrove. Kota Balikpapan adalah salah satu daerah di Indonesia yang terletak di pesisir Provinsi Kalimantan Timur, karena itu Kota Balikpapan memiliki banyak kawasan hutan mangrove yang terletak di pesisir timur hingga ke barat Kota Balikpapan. Kawasan hutan mangrove memiliki manfaat bagi wilayah pesisir sehingga Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan melakukan kegiatan pelestarian hutan mangrove dalam Rencana Strategis Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Tahun 2011 – 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi rencana strategis terkait pelestarian hutan mangrove untuk mewujudkan sustainable development di Kota Balikpapan serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Implementasi Rencana Strategis Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dalam pelestarian hutan mangrove; 2) Keberlanjutan capaian dari Implementasi Rencana Strategis Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dalam pelestarian hutan mangrove; 3) Faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi rencana strategis pelestarian hutan mangrove yang terdiri dari program pengelolaan ruang terbuka hijau serta program perlindungan dan konservasi sumber daya alam dengan berbagai kegiatan didalamnya. Program pengelolaan ruang terbuka hijau lebih banyak melakukan kegiatan dalam menyediakan sarana dan prasarana pada kawasan konservasi mangrove Margomulyo sedangkan program perlindungan dan konservasi sumber daya alam melakukan kegiatan dengan mengumpulkan data mengenai hutan mangrove di Kota Balikpapan. Program-program yang diimplementasikan tersebut bertujuan untuk mewujudkan keberlanjutan di kawasan hutan mangrove Kota Balikpapan. Dalam implementasi rencana strategis ini terdapat faktor pendukung yaitu kemampuan anggaran daerah, kesadaran dan keterlibatan masyarakat serta kerjasama antar stakeholders. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu status kepemilikan lahan, tidak adanya perencanaan penataan, kemampuan sumber daya manusia, komitmen pemerintah dan tidak adanya payung hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/498/051507243
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2015 13:41
Last Modified: 05 Oct 2015 13:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117561
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item